Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VKTR Ekspansi Pabrik Bus dan Truk di Magelang, Produksi 1.500 unit Tiap Tahun

Kompas.com - 10/07/2023, 20:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk ( VKTR ) melakukan ekspansi bisnis melalui pengembangan fasilitas perakitan unit bus dan truk listrik di Magelang, Jawa Tengah.

Pabrik yang berada di bawah naungan PT VKTR Sakti Industries ini, memiliki total bangungan 1,8 hektar (ha) dengan kapasitas produksi mencapai 1.500 unit per-tahun atau 6 unit setiap harinya untuk tahap awal.

Fasilitas tersebut juga punya kemampuan untuk perakitan chassis (completely knocked down/CKD), perakitan kabin, pengelasan, pengecatan, trimming, general assembly, debugging, retrifikasi untuk body & function test, rear truck body, sampai testing.

Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan Honda Brio RS sampai 100.000 Km

ilustrasi Bus Listrik TransjakartaTransjakarta ilustrasi Bus Listrik Transjakarta

"Ekspansi dan pengembangan fasilitas produksi ini adalah bukti kesungguhan kami dalam mendukung program pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission 2060," kata Direktur Utama VKTR, Gilarsi W Setijono dalam keterangan resminya, Senin (10/7/2023).

Meski tak disebut secara rinci model dan total Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang bisa dicapai melalui pabrik tersebut, perseroan bertekad akan terus meningkatkan kandungan lokal untuk produk-produknya sampai 80 persen.

Gilarsi menambahkan, fasilitas eksisting yang ada saat ini siap berproduksi dan bahkan tengah dalam proses menyelesaikan batch pertama bus listrik BYD dengan karoseri lokal.

Adapun ekspansi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kapasitas.

Baca juga: Aerodinamika Bukan Jadi Hal Penting Saat Desain Bodi Bus

"Kami juga membuka kemungkinan untuk terus menambah kapasitas serta memperluas skala dan fasilitas, seiring dengan peningkatan volume produksi," tegasnya.

Founder Tri Sakti Widodo menambahkan, proyek ini akan menjadi lompatan besar sekaligus menjadi sumbangsih pihaknya bagi Indonesia.

"Sebagai pabrik kendaraan listrik pertama di bidang heavy mobility dan kendaraan niaga dalam negeri, kami berkomitmen untuk memproduksi kendaraan yang ramah lingkungan dan mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target peningkatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia," tandasnya.

PT VKTR Sakti Industries sendiri merupakan joint venture antara VKTR dan PT Tri Sakti. Pada tahap pengembangan ini PT VKTR Sakti Industries juga berkolaborasi dengan perusahaan konstruksi dari China, Automotive Engineering Corporation (AE Corp).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com