Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Sekadar Aksesori, Ada Fungsi Penting pada Spoiler Mobil

Kompas.com - 07/07/2023, 19:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap bagian pada mobil memiliki fungsi dan peranan tersendiri. Tak terkecuali spoiler yang kerap jadi aksesori tambahan agar menambahkan nuansa sporty.

Spoiler sering ditemukan menempel pada mobil bertipe sedan, hatchback, city car, sampai minibus. Dengan menambahkannya, kesan mobil langsung berubah jadi tambah agresif dan kental nuansa sporty.

Namun, sebenarnya fungsi spoiler bukan hanya mempercantik saja, tetapi juga bisa mempengaruhi aerodinamika supaya mobil lebih stabil di kecepatan tinggi. Sehingga jangan sembarangan untuk merubah atau menambahnya.

Baca juga: Gejala Awal Kerusakan Transmisi Matik yang Bisa Dirasakan Pengemudi

Ilustrasi spoiler belakang.seriouswheels.com Ilustrasi spoiler belakang.

"Iya, bukan hanya aksesori tapi juga ada fungsi vitalnya yaitu menambah aerodinamis," kata Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi kepada Kompas.com, Rabu (5/7/2023).

Dengan peningkatan aerodinamika, maka gejala melayang atau limbung pada kendaraan ketika dalam kecepatan tinggi bisa ditekan. Sebab terdapat gaya tekan tambahan melalui aliran udara yang mengalir lewat atap mobil.

Pada kondisi tersebut, kendaraan akan mudah dikendalikan. Namun kondisi ini umumnya akan terasa optimal pada mobil sport atau yang digunakan untuk kebutuhan tertentu dengan performa tinggi. 

Baca juga: Modal Rp 500.000 Bisa Bikin Interior Mobil Lawas Tampil Klimis Lagi

spoiler mobilKompas.com/Fathan Radityasani spoiler mobil

Pada mobil jenis hatchback, spoiler juga bisa menangkis kotoran di kaca belakang, seperti debu dan air hujan. Hal ini dikarenakan adanya turbulensi udara di area tersebut.

"Peran yang penting pada spoiler cukup berbahaya bila terdapat kesalahan dalam pemasangan. Itu bisa menjadi beban bagi mobil sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih besar," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com