Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Aksi Relawan Menolong Pengendara Mio yang Gagal Nanjak

Kompas.com - 04/05/2023, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalan raya bisa cukup beragam di Indonesia, salah satunya adalah tanjakan curam. Tak sedikit pengendara motor yang kesulitan untuk melewati jalan tersebut.

Seperti yang terjadi pada video yang diunggah oleh akun Instagram @tt_media_channel, Rabu (3/5/2023). Dalam video tersebut, terlihat pengendara Yamaha Mio yang berboncengan tak kuat menanjak di tanjakan Sikut Bromo, Pasuruan, Jawa Timur.

Tak berselang lama, muncul relawan yang langsung sigap membantu pengendara motor tersebut agar tak meluncur bebas di jalan menurun.

Baca juga: Benarkah Mode ECO Bisa Membuat Mobil Lebih Irit BBM?

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, ketika hendak menanjak pengendara harus cari momentum yang pas. Sehingga, motor mempunyai tenaga yang cukup untuk sampai di atas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TT Media Channel (@tt_media_channel)

 

“Gunakan gigi rendah pada kondisi jalan menanjak agar tarikan motor tidak habis. Apabila menggunakan motor matik, maka sebelum tanjakan sudah harus mengambil ancang-ancang,” ujar Agus.

Agus melanjutkan, apabila motor tiba-tiba berhenti di tengah tanjakan, segera gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Kemudian, atur posisi badan membungkuk ke depan agar keseimbangan dan beban motor tetap terjaga.

Baca juga: Penting, Ini Anjuran Supaya Terhindar dari Bahaya Rem Blong

Berjalan pelan-pelan di tanjakan dengan teknik zigzag juga dapat mengurangi beban motor, sehingga dapat naik dengan aman.

“Namun tetap harus memperhatikan kondisi jalan, terutama bagian belakang kendaraan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com