Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duo Pebalap Honda Paling Sering Terjatuh Sepanjang MotoGP 2023

Kompas.com - 05/07/2023, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – MotoGP 2023 tengah memasuki libur musim panas alias istirahat paruh musim. Selama kurang lebih lima minggu para pebalap istirahat, sampai MotoGP Inggris yang bakal digelar 6 Agustus mendatang.

Selama 8 putaran musim MotoGP 2023, tercatat sejumlah pebalap yang paling sering terjatuh. Seperti diketahui, crash dan konsekuensinya menjadi salah satu topik yang hangat dibicarakan sepanjang musim ini.

Dilansir dari Crash (5/7/2023), secara total ada 166 crash yang dicatatkan para pebalap. Dari angka tersebut, Marc Marquez menjadi pembalap yang paling banyak terjatuh dengan catatan 14 kali crash hingga MotoGP Belanda pada Juni lalu.

Baca juga: Adu Desain Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Mana yang Lebih Ganteng?

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans.Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans.

Sementara tempat kedua diisi oleh rekan setimnya di tim Repsol Honda yaitu Joan Mir dengan 12 crash.

Tidak mengherankan jika melihat reputasi motor Honda RC213V pada musim ini semakin terkenal dengan motor yang makin sulit dikendarai.

Awalnya, Mir menjadi pemimpin dari klasemen terjatuh ini, sebelum ia harus absen pada dua ronde setelahnya karena patah tulang jari tangan akibat crash di MotoGP Italia 2023.

Baca juga: 2 Perilaku Salah yang Bikin Transmisi Mobil Matik Mudah Rusak

Joan Mir telah mengalami 8 kali crash pada 4 seri pembuka MotoGP 2023todocircuito.com Joan Mir telah mengalami 8 kali crash pada 4 seri pembuka MotoGP 2023

Marc pun akhirnya mengambil alih tempat teratas setelah crash lima kali selama MotoGP Jerman 2023, disusul dua crash tambahan pada MotoGP Assen 2023 satu minggu setelahnya.

Kemudian, sama seperti Mir, di tempat kedua ada Alex Marquez yang sama-sama mengoleksi 12 crash sampai paruh musim 2023.

Adik Marc Marquez ini memang terhitung sering jatuh selama MotoGP 2023, meskipun beberapa di antaranya diakibatkan oleh kesalahan pebalap lain.

Baca juga: Honda Brio Asal Putar Balik, Nyaris Tertabrak Transjakarta

Dua murid Valentino Rossi, Marco Bezzecchi (kiri) dan Francesco Bagnaia (kanan) berpelukan usai menempati dua besar hasil Sprint Race MotoGP Belanda 2023, Sabtu (24/6/2023) malam WIB. Selanjutnya, mereka bersama satu lagi murid Rossi, Luca Marini, akan kembali mengisi baris depan pada start balapan MotoGP Belanda 2023 di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/2023).AFP/FILIPPO MONTEFORTE Dua murid Valentino Rossi, Marco Bezzecchi (kiri) dan Francesco Bagnaia (kanan) berpelukan usai menempati dua besar hasil Sprint Race MotoGP Belanda 2023, Sabtu (24/6/2023) malam WIB. Selanjutnya, mereka bersama satu lagi murid Rossi, Luca Marini, akan kembali mengisi baris depan pada start balapan MotoGP Belanda 2023 di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/2023).

Lalu, di posisi keempat diikuti oleh rookie Augusto Fernandez (Tech3 GASGAS) dengan 11 crash, Jack Miller (Red Bull KTM) dengan 10 crash, dan Aleix Espargaro (Aprilia) dengan 9 crash yang berarti empat dari lima pabrikan berbeda mengisi enam besar crash terbanyak.

Adapun sang pemimpin klasemen MotoGP 2023, Francesco Bagnaia, rupanya juga mengalami crash sebanyak empat kali pada musim ini.

Sedangkan Jorge Martin dan Marco Bezzecchi yang berada di klasemen kedua dan ketiga, masing-masing juga mengalami crash sebanyak tujuh kali.

Baca juga: Vinales Sebut Pebalap Yamaha Kini Stres, Seperti Dia 3 Musim Lalu

Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketigatwitter.com/motogp Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketiga

Berikut ini daftar pebalap dengan crash terbanyak sepanjang 8 seri MotoGP 2023:

Marc Marquez (Honda) 14
Alex Marquez (Ducati) 12
Joan Mir (Honda) 12
Augusto Fernandez (KTM) 11
Jack Miller (KTM) 10
Aleix Espargaro (Aprilia) 9
Miguel Oliveira (Aprilia) 8
Marco Bezzecchi (Ducati) 7
Fabio Di Giannantonio (Ducati) 7
Luca Marini (Ducati) 7
Jorge Martin (Ducati) 7
Brad Binder (KTM) 6
Raul Fernandez (Aprilia) 6
Johann Zarco (Ducati) 6
Enea Bastianini (Ducati) 5
Franco Morbidelli (Yamaha) 5
Takaaki Nakagami (Honda) 5
Fabio Quartararo (Yamaha) 5
Alex Rins (Honda) 5
Maverick Viñales (Aprilia) 5
Francesco Bagnaia (Ducati) 4
Stefan Bradl (Honda) 2
Pol Espargaro (KTM) 2
Jonas Folger (KTM) 2
Iker Lecuona (Honda) 1
Danilo Petrucci (Ducati) 1
Michele Pirro (Ducati) 1
Lorenzo Savadori (Aprilia) 1
Dani Pedrosa (KTM) 0

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com