Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Pebalap MotoGP yang Cedera Serius di Musim 2023

Kompas.com - 03/07/2023, 15:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Paruh pertama MotoGP 2023 sudah dilewati, meski sebagian besar mengalami cedera serius. Cedera yang dialami bahkan sampai memaksa pebalap untuk absen atau menjalani operasi.

Baca juga: Format Sprint Race MotoGP Memicu Stres, Banyak Pebalap yang Cedera

Enea Bastianini

Pebalap pabrikan Ducati, Enea Bastianini, terbaring usai mengalami kecelakaan di Sprint Race MotoGP Portimao, Portugal, pada Sabtu (25/3/2023). Terbaru, Bastianini memutuskan absen dari MotoGP Spanyol setelah ikut free practise.INSTAGRAM/Enea Bastianini Pebalap pabrikan Ducati, Enea Bastianini, terbaring usai mengalami kecelakaan di Sprint Race MotoGP Portimao, Portugal, pada Sabtu (25/3/2023). Terbaru, Bastianini memutuskan absen dari MotoGP Spanyol setelah ikut free practise.

Pada sprint race pertama di MotoGP Portugal, pebalap baru Ducati yang baru saja bergabung dengan tim ini terjatuh dalam kecelakaan yang melibatkan Luca Marini.

Tulang belikat yang patah tidak memerlukan operasi. Namun, kecelakaan tersebut telah merusak musim Bastianini sejauh ini. Bastianini juga batal tampil di Spanyol setelah rasa sakit yang dirasakannya saat sesi latihan bebas terlalu berat untuk diatasi.

Akibat dari cedera tersebut, dia absen pada empat seri. Bastianini juga terhitung baru dua kali menyelesaikan main race pada hari Minggu.

Pol Espargaro

Pol Espargaro mengalami kecelakaan fatal saat sesi latihan bebas FP2 MotoGP Portugal hingga mengalami banyak patah tulangDok. The-race.com Pol Espargaro mengalami kecelakaan fatal saat sesi latihan bebas FP2 MotoGP Portugal hingga mengalami banyak patah tulang

Pol belum pernah tampil di balapan hari Sabtu atau Minggu pada MotoGP 2023. Dia mengalami cedera pada saat latihan bebas di MotoGP Portugal.

Pol Espargaro mengalami patah rahang, cedera punggung, dan masalah paru-paru. Rahangnya retak di dua tempat dan tidak bisa digerakkan selama empat minggu, hingga membuatnya tidak bisa makan.

"Saya mengalami delapan patah tulang di tubuh saya, dua di tulang rusuk, satu di leher, dan tiga di punggung," ujar Pol, dikutip dari Crash.net, Senin (3/7/2023).

Pol pun kehilangan berat badan cukup drastis selama dirinya cedera.

Marc Marquez

Pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, divonis menderita retak di jari tangan kirinya setelah mengalami kecelakaan high side pada sesi Warm Up MotoGP Jerman 2023 pada Minggu (18/6/2023) sore WIB.TANGKAPAN LAYAR Pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, divonis menderita retak di jari tangan kirinya setelah mengalami kecelakaan high side pada sesi Warm Up MotoGP Jerman 2023 pada Minggu (18/6/2023) sore WIB.

Pebalap Repsol Honda ini baru saja menjalani operasi lengan yang mengancam kariernya setahun yang lalu, tetapi pada akhir pekan pertama tahun 2023, dia kembali mengalami cedera baru.

Tabrakan dengan Miguel Oliveira mengakibatkan ibu jari tangan kanannya patah. Sehingga, harus dipasang sekrup untuk menyembuhkannya, dan menyebabkan dia absen pada tiga seri.

Sejumlah kecelakaan yang dialaminya tidak membahayakan hingga akhir pekan yang buruk MotoGP Jerman, di mana dia terjatuh lima kali dan terpaksa mengundurkan diri dari balapan karena mengalami patah tulang pada jarinya. Selain itu, Marquez juga merasakan efek dari beberapa memar setelah akhir pekan yang berat.

Sepekan kemudian, dia memperparah cedera-cedera tersebut pada MotoGP Belanda di Assen, dan kembali mengundurkan diri dari balapan hari Minggu. Dia juga mengalami retak pada tulang rusuk.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com