Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorna Belum Ingin Tambah Jumlah Pebalap di Grid MotoGP

Kompas.com - 03/07/2023, 19:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Sumber Motorsport


JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sport memutuskan untuk tidak menambah jumlah starter di grid pada musim 2024. Artinya musim depan jumlah pebalap akan tetap sama yaitu 24 pebalap seperti pada musim ini.

Seperti diketahui jumlah starter MotoGP tadinya 24 pebalap. Namun setelah Suzuki hengkang pada akhir 2022 jumlah pebalap otomatis berkurang jadi 22 pebalap, sehingga pada dasarnya ada dua tempat yang kosong.

Baca juga: Daftar Pebalap MotoGP yang Cedera Serius di Musim 2023

Beberapa minggu terakhir, muncul desas-desus tentang kemungkinan KTM ingin menambah jumlah motor pada 2024 menjadi enam motor. KTM mencari celah agar bisa memasukkan pebalap Moto2 Pedro Acosta ke kelas premier.

Pebalap Red Bull KTM, Brad Binder, saat berlaga pada MotoGP Perancis 2023.Dok. @bradbinder Pebalap Red Bull KTM, Brad Binder, saat berlaga pada MotoGP Perancis 2023.

Namun kepala olahraga Dorna Sports Carlos Ezpeleta mengatakan bahwa sejauh ini belum akan ada tim tambahan pada tahun depan. Di mana artinya jumlah pebalap akan tetap sama.

“Tidak ada rencana untuk memiliki lebih dari 22 motor tahun depan. Faktanya, bagi kami angka idealnya adalah 20. Dari apa yang saya pahami, kami akan senang memiliki Pedro di MotoGP," kata Ezpeleta dilansir dari Motorsport, Senin (3/7/2023).

“Tapi kemudian ada beberapa percakapan antara Pedro dan timnya serta pabrikannya (hal itu urusan KTM),” kata Ezpeleta.

Baca juga: Video Viral Kecelakaan di Jalan Tol Layang MBZ, Hampir Keluar Pembatas

Pedro Acosta saat berlaga pada Moto2 Valencia 2022Dok. @37pedroacosta Pedro Acosta saat berlaga pada Moto2 Valencia 2022

Rumors KTM ingin menambah jumlah tim satelit muncul beberapa pekan terakhir. KTM disebut ingin memasukkan Acosta namun kursi tim pabrikan Red Bull TKM dan KTM Tech3 sudah penuh.

Duo tim pabrikan yaitu Jack Miller dan Brad Binder dikontrak hingga akhir 2024. Begitu juga Pol Espargaro dari Tech3 yang memiliki kontrak dua tahun. Adapun rookie Augusto Fernandez kontraknya akan habis tahun ini, namu sejauh ini dia tampil cukup baik di musim pertama.

Acosta sendiri mengonfirmasi di MotoGP Belanda bahwa dia akan naik ke MotoGP pada 2024 setelah dua musim di Moto2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com