Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusuk Marquez Ternyata Sudah Retak Sebelum MotoGP Belanda 2023

Kompas.com - 28/06/2023, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez terpaksa absen lagi pada MotoGP Belanda 2023 di Sirkuit Assen, karena tulang rusuk yang retak. Namun, sebenarnya cedera tersebut didapatnya pada seri sebelumnya, yakni MotoGP Jerman 2023.

Pada MotoGP Jerman yang digelar di Sirkuit Sachsenring, Marquez juga terjatuh. Saat itu, diberitakan bahwa dia mengalami retak pada tulang ibu jari tangan kirinya.

Baca juga: Kontrak sampai Akhir 2024, Honda Siap Melepas Marquez

Selain tulang jari yang retak, Marquez juga mengalami cedera lainnya, yakni pada pergelangan kaki yang memar. Pada saat itu, Marquez masih sanggup untuk balapan.

Pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, divonis menderita retak di jari tangan kirinya setelah mengalami kecelakaan high side pada sesi Warm Up MotoGP Jerman 2023 pada Minggu (18/6/2023) sore WIB.TANGKAPAN LAYAR Pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, divonis menderita retak di jari tangan kirinya setelah mengalami kecelakaan high side pada sesi Warm Up MotoGP Jerman 2023 pada Minggu (18/6/2023) sore WIB.

Direktur Medis MotoGP dr. Angel Charte, mengatakan, Marquez kembali ke Madrid dan tiga hari kemudian barulah dia mengalami nyeri pada bagian rusuk kanannya.

Saat itu, Marquez melakukan rontgen di rumah sakit, tapi tidak ditemukan kejanggalan. Pebalap Repsol Honda ini kemudian berangkat untuk MotoGP Belanda. Tapi, rasa nyeri semakin menjadi-jadi.

Baca juga: Masih Terpuruk, Marquez Belum Ambil Keputusan Soal Masa Depan

"Dilakukan pengecekan dengan ultrasound di pusat kesehatan Quiron dan kami menemukan adanya retakan kecil pada rusuk kedua sebelah kanan yang membuatnya sangat tidak nyaman ketika bernapas, bergerak, dan lainnya," ujar Charte, dikutip dari Crash.net, Rabu (28/6/2023).

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.

Pada Sabtu, Marquez terjatuh lagi. Tapi, saat itu menurutnya tidak terjadi cedera yang serius. Keesokan harinya, barulah retak pada rusuknya semakin parah.

"Artinya, tulang rusuk telah bergerak sedikit lebih banyak, dengan risiko yang ditimbulkan karena bagian tulang rusuk sedikit bergeser ke atas dan dapat memengaruhi pleura parietal dan menimbulkan proses pernapasan, pneumotoraks," kata Charte.

Marc Marquez datang ke tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia dengan semangat penuh. Foto: Crash.net Marc Marquez datang ke tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia dengan semangat penuh.

"Saya putuskan dia tidak bisa balapan. Itu adalah keputusan medis yang murni dan sulit, bukan karena hal lain," ujarnya.

Menurut Charte, retak tulang rusuk hampir tidak memerlukan pembedahan, tidak ada banyak cedera seperti itu. Tapi, ada bagian lainnya yang mengalami peradangan.

Momen ketika pebalap Repsol Honda Marc Marquez menabrak pebalap RNF MotoGP Miguel Oliveira dalam balapan utama MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Momen ketika pebalap Repsol Honda Marc Marquez menabrak pebalap RNF MotoGP Miguel Oliveira dalam balapan utama MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB.

Dengan delapan putaran musim MotoGP 2023 telah berlalu, Marquez belum menyelesaikan satu pun balapan. Harapannya di pra-musim untuk meraih gelar juara ketujuh pun sudah lama sirna.

Marquez memasuki tahun ini tanpa cedera untuk pertama kalinya sejak awal 2020. Tapi, langsung mengalami retak tulang tangan pada seri pertama yang membuatnya harus absen selama tiga putaran. Sejak itu, Marquez mengalami masalah pada tangan dan pergelangan kaki, dan sekarang cedera tulang rusuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com