Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Kernet Bus, Jadi Asisten Sopir, Navigator dan Pelayan Penumpang

Kompas.com - 27/06/2023, 15:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Bagi yang kerap bepergian menggunakan bus pasti sudah tidak asing dengan formasi kru bus yang terdiri dari sopir, kernet dan kondektur.

Namun pada beberapa saat ini banyak layanan bus, terutama bus AKAP yang hanya terdiri dari sopir dan kernet atau tanpa kondektur. Artinya peran dari kernet sangatlah penting bagi kinerja dari sopir saat mengendarai bus.

Baca juga: Banyak yang Sok Jagoan, Pelat RF Akan Dihilangkan per Oktober 2023

Abdul, salah satu kernet dari bus Agra Mas mengatakan, kernet tidak hanya sekadar asisten atau teman perjalanan sopir bus.

Umumnya tugas kernet dalam menjadi asisten sopir yakni dengan membantu kebutuhan sopir saat bertugas, misalnya menjadi teman ngobrol agar sopir tidak ngantuk, menyediakan minum saat sopir berkendara.

Namun tidak banyak yang tahu profesi tersebut juga mengemban tugas yang penting, salah satunya memandu sopir agar berkendara jadi lebih lancar.

Bus AKAP PO Gunung Harta di Terminal Ciawi, BogorKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus AKAP PO Gunung Harta di Terminal Ciawi, Bogor

“Kita bantu melihat jalan sekitar untuk memastikan kondisi jalan. Kalau jalan sudah aman, atau justru ramai kita kasih aba-aba pada sopir untuk masuk jalur atau tahan. Dengan posisi duduk saja terkadang sopir kesulitan lihat jalan (titik buta), jadi kita bantu juga mengamati sekitar,” kata Abdul kepada Kompas.com saat ditemui langsung di Terminal Baranangsiang, Bogor, Senin (26/6/2023).

Baca juga: Skema Kredit Honda Forza Terbaru, Cicilan mulai Rp 3 Jutaan

Kemudian, pada saat bus alami masalah, kernet juga harus menjadi mekanik mendadak untuk memperbaiki. Misalnya mengganti ban atau mengecek kerusakan yang terjadi pada bus.

“Sebelum bus berangkat kernet akan periksa kesiapan bus, mulai dari mesin hingga kebersihan bus. Kemudian, setelah penumpang turun semua dan bus istirahat, kita bantu periksa dan bersihkan juga,” kata Abdul.

Abdul menjelaskan, seorang kernet harus bisa menjadi asisten sopir, navigator perjalanan dan sekaligus memberikan pelayanan buat penumpang. Ini adalah tugas berat yang harus dilakoni seorang kernet bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com