Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain United TX3000, Motor Listrik ala Skutik Gambot

Kompas.com - 27/06/2023, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – United TX3000 jadi salah satu pilihan motor listrik yang sudah diproduksi secara lokal. Berdasarkan data P3DN Kemenperin, TKDN motor listrik ini bahkan mencapai 57,19 persen.

Melihat tampilannya, motor listrik TX3000 cukup menarik perhatian. Desainnya tak ubahnya motor matik gambot zaman sekarang. Garis-garis bodinya tampak sporti berkat lekukan tajam di beberapa sisi.

Skema desain United TX3000 tampaknya dirancang agar dapat mengikuti selera pasar dan perkembangan zaman. Sangat berbeda sekali dengan desain mayoritas motor listrik saat ini yang bergaya imut dan lucu.

Baca juga: Video Viral, Pajero Sport Pakai Strobo Paksa Salip Calya Lane Hogger

Motor listrik United TX3000KOMPAS.com/ADITYO WISNU Motor listrik United TX3000

Di atas kertas, dimensi TX3000 tampak seukuran dengan Yamaha Nmax. Di mana motor listrik ini memiliki ukuran (PxLxT) 1.890 mm x 765 mm x 1.195 mm. Sementara Nmax berdimensi (PxLxT) 1.935 mm x 740 mm x 1.160 mm.

Sekilas TX3000 tampak lebih kecil dari Nmax. Salah satunya sebabnya adalah penggunaan lingkar pelek 12 inci di kedua roda, yang dibalut ban 120/70-12 tubeless di depan dan belakang.

Motor listrik ini juga memiliki windshield ukuran kecil dengan desain menarik. Posisinya tidak terlalu tinggi dan tidak rendah juga. Tapi sayang, belum bisa diatur ketinggiannya.

Baca juga: PO Haryanto Luncurkan Bus Baru Rakitan Trijaya Union

Lampu depan dan belakangnya cukup futuristik. Dimensinya besar dan pakai mika bening. Headlamp, lampu belakang, lampu setop dan sein sudah LED.

Sementara itu, lengan ayunnya cukup menarik seperti swing arm di motor sport. Warnanya silver, cukup kontras dengan beberapa komponen sektor belakang.

Adapun setang pakai model mirip skutik bongsor seperti Nmax maupun PCX. Letaknya yang cukup tinggi membuat nyaman saat dipakai berkendara.

Baca juga: Penjelasan Jasamarga Soal Tarif Tol Cikampek sampai Rp 724.000

Bagasi motor listrik United TX3000KOMPAS.com/ADITYO WISNU Bagasi motor listrik United TX3000

Kemiripan desain dengan skutik gambot berlanjut pada dek bawah. Deknya tidak rata seperti skutik entry level 110 cc sampai 125 cc, melainkan terbagi dua sebab bagian tengahnya merupakan tempat penyimpanan baterai.

Joknya cukup lebar dan panjang serta ada sedikit bantalan sandaran buat pengendara. Adapun buat pembonceng cukup nyaman karena tidak terlalu kecil dan ada behel belakang.

Di balik jok, terdapat ruang penyimpanan yang bisa muat helm ukuran kecil. Kapasitas bagasi sebetulnya bisa meningkat, andaikata baterai dilepas. Namun pengendara jadi hanya mengandalkan satu baterai saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com