Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PiperMoto J Series, Skutik Gahar dengan Mesin KTM Duke 690

Kompas.com - 27/06/2023, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi skuter matik (skutik) memang sudah jadi hal yang lumrah, tapi berbeda dengan apa yang dilakukan PiperMoto. John Piper, pemilik PiperMoto membuat motor yang disebut dengan J Series, Super-Scooter.

Secara tampilan, J Series ini memang punya desain seperti skutik pada umumnya. Tapi saat bagian bodi belakang diangkat, tersemat mesin KTM Duke 690 yang menghasilkan 67 TK, bahkan diklaim punya top speed 193 Kpj.

Dikutip dari Bikeexif, John merupakan engineer dan designer dari berbagai bidang motorsport. Sebut saja F1, LeMans, sampai World Rally Championship.

Baca juga: Bocoran Skuter Listrik KTM Sedang Diuji Coba

PiperMoto J Series PiperMoto.com PiperMoto J Series

John membentuk PiperMotor 10 tahun lalu, berdasarkan pengalamannya, membuat motor yang presisi tentu bukan hal yang sulit. Apalagi di J Series ini bukan sekadar pasang mesin besar di skuter, tapi tampilannya juga sangat stylish.

Secara basis, J Series menggunakan space frame untuk posisi mesinnya yang ada di tengah. Sasis tadi tersambung dengan suspensi belakang dan swing arm model push rod dan rocker.

Sedangkan untuk kaki-kaki depan cukul simpel, pakai suspensi upside-down dari KTM. Pelek 17 inci digunakan di depan dan belakang, serta sistem pengereman mengandalkan kaliper Brembo.

Baca juga: Toyota Bakal Luncurkan Bus dan Truk Hidrogen Buat Pacu Pasar FCEV

PiperMoto J Series PiperMoto PiperMoto J Series

Untuk sektor mesin pun tidak luput dari sentuhan modifikasi, seperti pemakaian pod filter di saluran udara. Lalu knalpot, bentuknya cukup unik, mengotak menyesuaikan dengan bodi samping, sangat keren.

Lalu, dipasang juga gangki BBM sebesar 14 liter yang dipasang di depan mesin. Uniknya, transmisi masih memakai enam percepatan, cuma pergantian giginya bisa lewat paddle yang diatur secara elektronis.

Soal bodi, PiperMoto memakai bahan komposit karbon, ditambah dengan berbagai komponen krom agar semakin kelihatan elegan. Awalnya mereka buat dari kayu, disesuaikan posisi berkendara serta ergoniminya, baru dibuat dahulu dari clay atau tanah liat.

PiperMoto J Series PiperMoto.com PiperMoto J Series

Hasilnya, J Series jadi skuter yang punya desain elegan, ditambah bodinya dilabur dengan warna biru. Kemudian model bangku yang terpisah, mengingatkan skuter jadul seperti Vespa atau Lambretta.

Pada bagian instrumen, memakai merek Twin Smiths, ditambah dengan berbagai ornamen terbuat dari CNC, jadi semakin terlihat OEM. Belum lagi bagian lampu sein, spion, lampu depan dan belakang, semuanya tampil seperti buatan pabrik.

Lebih detail, J Series punya wheelbase 1.500mm dan bobot 160 Kg, dengan distribusi berat 50-50. Performa motornya juga sangat baik, akselerasi 0-96,5 Kpj dalam empat detik.

PiperMoto berencana untuk memproduksi J Series dalam jumlah terbatas. Nantinya pemesan bisa meminta beberapa bagian yang dipersonalisasi, sesuai keinginan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com