Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Mobil Tertinggal di Dalam, Jangan Paksa Buka Kaca

Kompas.com - 26/06/2023, 15:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sebagian mobil, kunci bisa tertinggal di kabin dan pintu terkunci secara otomatis. Dalam kondisi tersebut, berbagai cara biasa dilakukan untuk mengambil kunci.

Salah satunya yang tak jarang dilakukan adalah membuka paksa kaca jendela mobil. Kaca ditempeli lakban dengan cukup banyak, kemudian lakban ditarik ke bawah.

Baca juga: Hitung Berapa Biaya Duplikasi Kunci Mobil

Sehingga, kaca jendela mobil bisa terbuka dengan paksa. Sebagian orang menilai cara tersebut cukup ampuh untuk dilakukan. Padahal, sebenarnya ada dampak buruknya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Terkini (@jakarta.terkini)

 

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, menatakan, jendela yang dibuka dengan cara ditarik ke bawah secara paksa, bisa merusak salah satu komponen pada power window.

“Untuk power window itu ada motor power window dan regulator, ini bisa merusak roda gigi di motornya atau bisa membuat rusak regulatornya. Jadi mungkin saja ke depannya regulatornya menjadi oblak atau tidak smooth saat naik-turun,” kata Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Apa Bisa Kunci Mobil Tua Diubah Menjadi Sistem Keyless?

Selain motor regulator, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, mengatakan, ada beberapa dampak buruk lainnya yang bisa terjadi jika kaca mobil dibuka secara paksa.

Motor power window.Ghulam/Otomania Motor power window.

"Pertama, kaca bisa pecah atau waving (bergelombang). Kemudian, weather strip pada kaca mobil bisa tidak rapat kembali," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Untuk diketahui, weather strip tersebut berfungsi untuk mencegah air atau debu masuk ke dalam kabin.

Bambang menyarankan, cara paling ideal adalah dengan menggunakan kunci cadangan untuk membuka pintu. Namun sebenarnya untuk mobil modern, saat kunci mobil berada di kabin, pintu tidak akan terkunci.

Bila tidak memiliki kunci cadangan, sebaiknya menggunakan jasa dari bengkel resmi atau bengkel kepercayaan untuk membuka pintu dengan cara yang tidak merusak komponen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com