Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 09:22 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Fitur start/stop button alias tombol start lumayan lazim saat ini tersedia pada mobil lansiran baru. Teknologi keyless ini biasanya juga terintegrasi dengan mekanisme buka-tutup kunci pada pintu mobil, serta piranti keamanan immobilizer.

Fitur ini memungkinkan pemilik untuk menyalakan mesin tanpa memasukkan anak kunci ke lubang kontak, tergabung dengan remote alarm.

Menariknya, ada pemilik mobil tua mau kendaraannya punya fitur ini, kemudian menyasar pada produk alarm aftermarket yang tersedia di pasar. 

Baca juga: Bisakah Remote Keyless Pabrikan diganti dengan Keyless Aftermarket?

Remote keyless pada mobil menggabungkan immobilizer dan alarmKompas.com/Erwin Setiawan Remote keyless pada mobil menggabungkan immobilizer dan alarm

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan aksesoris alarm keyless di pasaran bisa saja dipasang di mobil-mobil sekalipun standarnya tidak dibekali dengan alarm.

“Secara fungsi sama aksesoris keyless di pasaran dengan yang bawaan standar, sama-sama bisa menghidupkan mesin dengan tanpa anak kunci, yaitu pakai tombol, buka tutup kunci pintu juga bisa dioperasikan dari remote,” ucap Didi kepada Kompas.com, Jumat (25/11/2022).

Dia mengatakan meski secara fungsi sama, namun ada perbedaan yang sebenarnya cukup mendasar mengingat mobil tua tidak dibekali immobilizer.

Baca juga: Ini Keunggulan Mobil yang Dilengkapi Kunci Model Keyless

Kabin Mazda CX-5 Kuro EditionKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Mazda CX-5 Kuro Edition

“Keyless yang beredar di pasaran itu cocoknya justru untuk mobil-mobil tua yang tidak dibekali immobilizer, kalau sudah dibekali immobilizer justru susah untuk diubah ke remote yang tidak standar,” ucap Didi.

Dia mengatakan perbedaannya ada pada komponen yang bekerja, jika mobil yang menggunakan immobilizer menggunakan chip dan antena untuk menangkap sinyal dari remote.

“Perlu dipastikan lagi kalau keyless aftermarket, karena tentu saja itu berbeda dengan keyless bawaan pabrik yang menggunakan cip, yang bisa mengamankan mobil dari pencurian dengan sistem pencocokan sinyal, tidak sekadar mengubah sakelar starter,” ucap Didi.

Baca juga: Apa Hubungan Immobilizer dan Keyless pada Mobil?

Kunci keyless entry ToyotaZulfana K. Rijal Kunci keyless entry Toyota

Foreman Aha Motor Aji Dwi Nugroho menambahkan, dia mengatakan remote keyless aftermarket dengan bawaan pabrik jelas jauh berbeda karena dari harganya pun jauh berbeda.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.