Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alami Patah Jari Kaki, Quartararo Terancam Absen di Assen

Kompas.com - 23/06/2023, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dikabarkan mengalami patah tulang pada bagian jari kaki saat jogging di Amsterdam.

Kecelakaan itu membuat dirinya berpotensi absen pada seri kesembilan MotoGP yang akan digelar di Belanda pada 25 Juni 2023 mendatang.

"Saya terjatuh saat jogging. Itu benar-benar kecelakaan. Saya memutar pergelangan kaki saya dan membenturkan ibu jari saya. Saya akan melakukan rontgen dalam satu jam. Mudah-mudahan tidak ada yang benar-benar buruk,” ucap Quartararo, dikutip dari Speedweek, Kamis (22/6/2023).

Baca juga: Pelihara Motor Tua Jangan Dipakai buat Harian

Hasil pemeriksaan mengungkapkan Quartararo mengalami patah pada ibu jari kakinya. Rider asal Perancis itu diizinkan untuk mengikuti sesi latihan bebas pertama (FP1) yang akan digelar Jumat (23/6/2023).

Namun, usai sesi FP1 GP Belanda, para dokter balapan ingin melakukan pemeriksaan medis lagi untuk menentukan apakah Quartararo dinyatakan fit menjalani balapan di akhir pekan.

“Tidak, saya tidak akan mengatakan itu (menghalanginya tampil di MotoGP Belanda), tapi saya pasti akan minum obat penghilang rasa sakit karena di situlah saya harus mengganti persneling dan memindahkan berat badan saya ketika mengubah arah. Jadi saya akan lebih lelah, tapi itu bagian dari pekerjaan," ucap Quartararo.

Juara dunia MotoGP 2021 itu mengaku menaruh harapan besar pada MotoGP Belanda. Pasalnya, Quartararo memiliki rekam jejak yang bagus di Sirkuit Assen.

Kemenangan di Assen diraih Quartararo pertama kali pada Moto3 (2015), kemudian berlanjut ke Moto2 (2018), hingga kelas premier MotoGP (2019) saat dirinya balapan sebagai rookie. Terakhir pada musim 2021, di mana rider berusia 24 tahun itu meraih podium pertama dalam perjalanan menuju gelar juara dunia.

Baca juga: DCVI Resmikan Diler Truk Mercedes-Benz di Palembang

“Assen adalah salah satu sirkuit favorit saya. Saya selalu cepat di sini, bahkan ketika kami memiliki masalah dengan motor. Kami berharap bisa cepat di Sachsenring, tapi ternyata tidak. Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan hasil yang bagus di sini dan berlibur di posisi yang bagus," ucap Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com