Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekeluarga Tewas Usai Bermalam di Mobil dengan AC Menyala, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 22/06/2023, 19:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu keluarga di Meksiko, Amerika Utara ditemukan meninggal dunia setelah bermalam di mobil dengan kondisi AC menyala pada Kamis (15/6/2023) lalu.

Melansir newsweek.com, keputusan bermalam dimobil terpaksa diambil oleh keluarga tersebut untuk menghindari gelombang panas yang sedang terjadi di Mexico.

Pasalnya, tingkat suhu di sana sempat mencapai lebih dari 40 derajat celcius. Sementara di waktu bersamaan, pemerintah setempat melakukan pemadaman listrik masal karena terjadi peningkatan permintaan listrik rumahan.

Baca juga: Kadin Soroti Penerapan Insentif Kendaraan Listrik yang Tersendat

Ilustrasi tertidur di mobil.duinewsblog.org Ilustrasi tertidur di mobil.

Oleh karena itu, keluarga yang memiliki balita berusia 8 tahun tersebut harus mencari alternatif untuk beristirahat secara nyaman dan aman. Diputuskanlah tidur di mobil karena memiliki AC yang bisa disesuaikan keinginan.

Sayangnya, solusi bermalam di mobil tidak berakhir baik. Memang, di laporan itu tidak dijelaskan lebih rinci kondisi mobil saat mereka beristirahat.

Namun dari sisi teknis, berada di dalam kabin mobil yang menyala dengan AC aktif dalam waktu cukup lama bisa berbahaya. Apalagi seluruh kaca pada kendaraan ditutup rapat-rapat.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menyatakan, hal tersebut karena tidak adanya sirkulasi udara. Sementara saat mesin mobil menyala, akan menghasilkan gas karbon monoksida (CO).

Baca juga: Sangat Mahal, Segini Biaya Bikin Motor Balap MotoGP

Ilustrasi AC MobilFreepik/Dianabygu Ilustrasi AC Mobil

"Jadi, bisa keracunan karena terhirup terus-menerus tanpa sadar," kata dia kepada Kompas.com, Kamis (22/6/2023).

Perlu diingat, karakteristik gas karbon monoksida cenderung tidak berwarna dan tidak berbau, sehingga sulit dikenali.

Meskipun tak kasat mata, tapi gas ini bisa menggantikan oksigen di dalam darah ketika mengikat sel darah, merampas oksigen jantung, otak, dan organ vital lainnya.

Dampaknya, orang yang tidur di mobil dengan AC menyala rentan mengalami keracunan gas karbon monoksida.

Baca juga: Tiap Tahun Ada 27.000 Orang yang Kecelakaan Parah di Indonesia

Hal serupa juga dikatakan Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka, Suparna, yang mana apabila CO terhirup dalam waktu lama bisa merusak saraf otak. Jadi, secara tidak sadar akan membuat tubuh jadi ngantuk dan semakin lemas.

"Sebetulnya bukan karena AC, tapi penyebab AC hidup (bekerja) kaca ditutup, ada kebocoran pembuangan dan masuk ke dalam sirkulasi kabin mobil dan itu terhirup oleh pengendara," jelasnya.

Untuk itu, ia mengimbau supaya para pengendara untuk tidak menyalakan AC saat beristirahat atau boleh menghidupkan AC namun tetap membuka jendela sedikitya selebar 5 cm agar sirkulasi udara dari luar bisa masuk ke dalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com