Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan ke Yogyakarta, Kaisar Jepang Naik Land Cruiser 200

Kompas.com - 22/06/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito dan Permaisuri Masako, bersama rombongan tengah melakukan lawatan ke Indonesia. Kunjungan kenegaraan tersebut dijadwalkan selama tujuh hari, Sabtu (17/6/2023) sampai Jumat (23/6/2023).

Kunjungan ini merupakan rangkaian lawatan perdana Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada 2019.

Selama berada di Indonesia, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako mengunjungi sejumlah tempat di Jakarta, Bogor, Bekasi, Yogyakarta, dan Magelang.

Baca juga: Pria Cegat Wisatawan Naik Taksi Online Bali, Meminta Uang Rp 150.000

Kaisar Jepang terpantau naik Land Cruiser 200 dalam kunjugannya ke Yogyakarta, Rabu (21/6/2023).Instagram Story @ndelokmotor Kaisar Jepang terpantau naik Land Cruiser 200 dalam kunjugannya ke Yogyakarta, Rabu (21/6/2023).

Dilansir dari Instagram Story @ndelokmotor, Rabu (21/6/2023), dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Kaisar Jepang dan Permaisuri terpantau naik mobil SUV Toyota Land Cruiser 200.

Untuk diketahui, Land Cruiser 200 yang hadir sejak 2007 memiliki beberapa pilihan mesin. Ada mesin bensin V8 5.700 cc, bensin V8 4.700 cc, diesel V8 4.500 cc, diesel V6 4.200 cc serta bensin V6 4.000 cc.

Pada 2016, Land Cruiser 200 mendapatkan facelift menjadi seperti unit yang dipakai Kaisar Jepang. Desain gril mobil ini jadi lebih mewah berkat lapisan krom yang menyatu hingga lampu utama.

Baca juga: Sudah Punya Pabrik di RI, tapi Harga Vespa LX 125 Rakitan Lokal Makin Mahal

Lampu utama kini telah menggunakan full LED, begitu pula dengan foglamp dan rear combination lamp.

Soal fitur keselamatan, mobil ini telah mengusung Pre-Collsion System yang memperingatkan pengemudi dari kemungkinan tabrakan.

Kemudian juga ada Radar Cruise Control untuk memperingati jarak aman bagi pengemudi ketika mengaktifkan cruise control. Dan Lane Departure Alert untuk memperingatkan driver jika keluar dari lajur.

Buat pembeda, Land Cruiser yang digunakan Kaisar Jepang tampaknya telah mendapatkan perlindungan antipeluru, proteksi dari ledakan, hingga ban run flat tyre.

Baca juga: Bocoran Bus Baru Akas Mila Rakitan Karoseri Tentrem

Toyota Land Cruiser 200 GXR armored dari Alpine ArmoringALPINEARMORING Toyota Land Cruiser 200 GXR armored dari Alpine Armoring

Sebagai informasi, beberapa kepala negara yang pernah mengadakan lawatan ke Indonesia memang tidak melulu pakai sedan mewah.

Dalam gelaran KTT G20 di Bali pada November 2022 misalnya, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga naik SUV Toyota Land Cruiser.

Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri India Narendra Modi turut menggunakan SUV saat di Bali.

Bedanya Macron dan Narendra Modi tidak menggunakan Land Cruiser, melainkan naik SUV Mercedes-Benz G-Class.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com