Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Andalkan Land Cruiser 300 di Dakar Rally 2023

Kompas.com - 24/12/2022, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu ajang balap reli paling tangguh adalah Dakar Rally. Kali ini, Toyota ikut berpartisipasi dengan mengandalkan Land Cruiser 300 (LC300) GR Sport.

Untuk Dakar Rally tahun ini, rute balapan dipindah dari yang awalnya di gurun pasir Afrika ke Timur Tengah sejak 2020. Tentunya, tantangan yang harus dilewati juga tak kalah tangguh.

Dikutip dari Autoindustriya.com, Sabtu (24/12/2022), LC300 GR Sport akan mewakili Toyota di kategori kendaraan produksi. Toyota berencana untuk mempertahankan 10 kali kemenangan berturut-turut.

Baca juga: Mengenal Asia Cross Country Rally, Reli Dakar Versi Asia

LC300 untuk Dakar Rally sudah dimodifikasi untuk melewati berbagai rintangan. Beberapa di antaranya adalah menyematkan perangkat keselamatan, seperti roll cage, sabuk pengaman enam titik, tangki bahan bakar yang besar, alat pemadam kebakaran, dan lainnya.

Toyota Land Cruiser 300 yang diturunkan untuk Dakar Rally 2023Dok. Toyota Toyota Land Cruiser 300 yang diturunkan untuk Dakar Rally 2023

Selain perangkat keselamatan, Toyota juga menggunakan per spesial dan sokbreker khusus. Tapi, Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) tetap dipertahankan.

Sebagai tambahan, sistem pengereman mendapatkan peningkatan dengan kampas rem dari Endless. Lalu, LC300 GR Sport ini mengandalkan ban Toyo Open Country MT-R berukuran 285/70-17 dipadukan dengan pelek magnesium berukuran 17x7.5 dari Enkei.

Soal dapur pacu, Toyota tetap mempertahankan spesifikasi pabrikan dengan mesin 3.3 L V6 turbodiesel. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 300,8 tk pada 4.000 rpm dan torsi 700 Nm pada rentang 1.600 rpm hingga 2.600 rpm. Tenaga tersebut disalurkan menggunakan transmisi otomatis 10-percepatan.

Baca juga: Porsche 911 Dakar, Mobil Sport dengan Kemampuan Off Road

All New Land Cruiser 300 melibas rintanganKOMPAS.com/ADITYO WISNU All New Land Cruiser 300 melibas rintangan

LC300 GR Sport akan dikendarai oleh Team Land Cruiser yang dipimpin oleh manajer tim Yuji Kadoya, yang berhasil memberikan kemenangan berturut-turut. Ada dua mobil yang diturunkan, mobil pertama diisi oleh Takashi Miura dan Laurent Richitreusiter. Sedangkan mobil kedua, diisi Ronald Basso dan Jean-Michel Polat.

TLC akan menghadapi Dakar Rally 2023 yang diklaim akan menjadi reli paling sulit dan terpanjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com