Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miller Sebut Pebalap Lain Terlalu Banyak Mengeluh soal Motor

Kompas.com - 19/06/2023, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor MotoGP milik KTM saat ini merupakan salah satu yang terbaik di musim ini. Jarang sekali terdengar pebalapnya mengeluh sesuatu dari motornya. Berbeda dengan pebalap dari pabrikan lainnya yang banyak mengeluhkan soal tunggangannya.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Jack Miller. Pebalap asal Australia ini menilai pebalap dari pabrikan lain terlalu banyak mengeluh.

Baca juga: MotoGP Mugello Kembali Ramai, Miller Tetap Salahkan Harga Tiket

"Kami (KTM) satu-satunya yang tidak mengeluh tentang motor kami dan kami benar-benar mencoba sesuatu, untuk memperbaikinya. Orang lain, semua yang mereka lakukan hanya membuang mainan mereka dan mengatakan 'Motor saya kotoran', sesederhana itu," ujar Miller, dikutip dari Crash.net, Senin (19/6/2023).

Marc Marquez mengacungkan jari tengah kepada Honda RC213V yang membuatnya hampir terjatuh pada MotoGP Jerman 2023Dok. GPone.com Marc Marquez mengacungkan jari tengah kepada Honda RC213V yang membuatnya hampir terjatuh pada MotoGP Jerman 2023

Menurut Miller, motor pabrikan lain mengalami masalah adalah karena ulah pebalap itu sendiri. Pebalap membawa mekanik atau kepala mekanik andalannya ke dalam tim barunya.

"Mereka mengeluarkan 99 persen teknisi, untuk mendapatkan teknisi mereka sendiri. Orang-orang mereka berada di dalamnya, dan sekarang mereka kacau," kata Miller.

Baca juga: Jack Miller Ungkap Teknik Menikung dengan Motor KTM

"Jadi, itu salah mereka sendiri. Semua orang ingin mengeluh tentang motornya, tidak ada yang melakukan sesuatu. Diam saja dan selesaikan pekerjaan Anda. Anda dibayar untuk mengendarai motor, bukan untuk menjadi tuan putri dan mengeluh tentang motor," ujarnya.

Fabio Quartararo saat menjalani latihan bebas MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Texas, Austin, Jumat (14/4/2023). Fabio Quartararo crash saat Sprint Race MotoGP Amerika 2023 dan terlempar dari 10 besar klasemen MotoGP 2023. (Foto oleh Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP/Getty Images via AFP Fabio Quartararo saat menjalani latihan bebas MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Texas, Austin, Jumat (14/4/2023). Fabio Quartararo crash saat Sprint Race MotoGP Amerika 2023 dan terlempar dari 10 besar klasemen MotoGP 2023. (Foto oleh Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Miller tidak menyebutkan nama satu pun. Selain itu, tidak ada juga pebalap lain yang benar-benar menyebutkan motor mereka seperti kotoran.

Namun, para pebalap Honda, Yamaha, dan Aprilia, belakangan ini mulai terlihat frustrasi dengan kondisi dan performa motornya. Ketiga motor tersebut cukup tertinggal jauh dari Ducati dari segi teknis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com