Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jack Miller Ungkap Teknik Menikung dengan Motor KTM

Kompas.com - 05/05/2023, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak hal menarik yang terjadi di MotoGP Jerez, akhir pekan lalu. Salah satunya ialah gaya balap Jack Miller di Red Bull KTM yang berbeda jauh saat dia masih memakai seragam Ducati.

Pada Jerez 2023, Miller finis di posisi ketiga. Saat memasuki belokan, dia tidak mengerem keras dan terlihat menikmati motor yang sedikit sliding atau sering disebut sideway berbeda dengan pebalap lain yang melakukan ride-in-line.

Baca juga: Kondisi Terakhir Pol Espargaro Usai Kecelakaan dan Cedera Parah

Miller menjelaskan bahwa sideway merupakan gaya yang penting sat ini, sebab membantunya untuk mengurangi beban di roda depan dan tidak terpaku pada rem.

Jack Miller saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit PortimaoDok. KTM Jack Miller saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao

“Saya merasa sangat nyaman dengan motor yang (sliding) menyamping saat pengereman,” kata Miller dilansir dari Crash.net, Jumat (5/5/2023).

“Dengan Ducati, saya tidak bisa benar-benar melakukan ini (bahkan) jika saya menginginkannya. Itu adalah sepeda yang sangat stabil dan Anda tidak bisa benar-benar membuatnya meluncur," kata Miller.

“Memiliki kesempatan untuk dapat menggeser motor kapan pun Anda mau seperti alat lain di saku Anda," ujar Miller.

Pebalap asal Australia tersebut mengatakan, punya motor yang enak diajak sideways merupakan keunggulan.

Baca juga: Banyak Motor Lawan Arus di Jalur Puncak Saat One Way

Livery tim Red Bull KTM untuk MotoGP 2023 yang diperkuat Brad Binder dan Jack MillerDok. KTM Livery tim Red Bull KTM untuk MotoGP 2023 yang diperkuat Brad Binder dan Jack Miller

“Seperti yang kita lihat di akhir pekan, terutama saat ini dengan suhu ban depan yang naik dan perlu mencoba melewati pebalap lain, memiliki motor yang bisa Anda gunakan ban belakang juga untuk menghentikan motor adalah alat yang sangat besar di saku Anda,” kata dia.

Namun, Miller menekankan bahwa KTM bekerja dengan baik dengan berbagai gaya balap.

“Kamu tidak perlu mengendarai motor seperti itu (sideways). Dani (Pedrosa) tidak mengendarai motor seperti itu. Itu hanya Brad dan saya sendiri. Itu yang selalu kami lakukan dan berhasil,” kata Miller.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com