Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Kandang Macan di Dalam Bus AKAP, Ini Fungsinya

Kompas.com - 14/06/2023, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Naik bus AKAP hingga kini masih menjadi salah satu transportasi darat yang banyak dipilih oleh masyarakat hingga saat ini.

Bagi yang kerap naik layanan tersebut pasti sering mendengar istilah-istilah aneh dalam layanan tersebut, salah satunya kandang macan. Bahkan, hampir setiap bus AKAP dilengkapi dengan fasilitas tersebut.

Andi, salah satu sopir bus dari PO Dieng Indah mengatakan, istilah kandang macan telah digunakan sejak lama oleh para kru bus untuk menyebut ruang istirahat para para kru bus tersebut.

Baca juga: Mobil Listrik MG4 EV Dibanderol Mulai Rp 649,9 Juta

“Itu hanya sebutan dari kami. Itu ruang khusus istirahat yang letaknya ada di belakang kabin. Tetapnya di samping toilet,” kata Andi kepada Kompas.com saat ditemui langsung di terminal Ciawi, Rabu (14/6/2023).

Bus AKAP di terminal Ciawi, BogorKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus AKAP di terminal Ciawi, Bogor

Pria yang mengendarai bus AKAP trayek Bogor- Wonosobo tersebut juga mengatakan, biasanya kandang macan merupakan area kosong di belakang kabin yang sengaja ditata oleh kru bus agar lebih nyaman digunakan saat tidur.

Baca juga: Meluncur di Eropa, Mitsubishi Colt Hatchback Punya Model Hybrid

Maka dari itu mereka kerap menambahkan kasur, bantal dan juga selimut selayaknya kapsul hotel. Lantaran hanya ada satu kasur, biasanya kru bus, baik itu kernet, sopir pertama atau sopir kedua akan bergantia istirahat di kandang macan.

“Tapi tidak semua bus punya kandang macan di bagian belakang kabinya. Biasanya hanya jenis bus yang ada toiletnya saja. Mengendarai bus itu kan durasinya lama, bahaya bila sopir mengantuk. Maka dari itu dibuat ruang khusus tersebut agar bisa bergantian istirahat,” kata Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com