Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Cara Nyalakan Motor Honda Saat Kunci Keyless Baterainya Habis

Kompas.com - 14/06/2023, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa lini produk sepeda motor Honda saat ini sudah dilengkapi fitur keyless dan smart key. Artinya, saat membeli sudah tidak dapat anak kunci lagi, melainkan diganti dengan remot.

Sama seperti kebanyakan remot, smart key yang ada di motor Honda juga menggunakan baterai yang bisa habis. Kalau sudah habis, biasanya akan sulit untuk menghubungkan ke motor, jadi sulit untuk dinyalakan.

Pada video yang diunggah akun Instagram jagorawi.id menampilkan bagaimana cara menyalakan motor Honda kalau kunci keyless habis baterai. Cukup siapkan kode id remot yang diberikan saat menerima motor.

Baca juga: Honda Rilis Skutik Retro Saudara Scoopy, Mirip Fazzio

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jagorawi ID (@jagorawi.id)

 

Pada video tersebut, dijelaskan untuk menyalakan ketika baterai kunci habis, tekan tombol starter cukup lama sampai tanda kunci menyala di instrument cluster. Kalau sudah menyala, masukan kode yang ada di id remot.

"Karena ini nomor serialnya kosong (0), tunggu sampai tandanya berkedip. Kalau sudah berkedip, masukan angka yang selanjutnya (7) tekan tombol starter tujuh kali," ucapnya, dikutip Kompas.com, Rabu (14/6/2023).

Begitu nomor serinya dimasukan sampai selesai, kenop kunci bisa diputar dan motor bisa dinyalakan. Menanggapi hal tersebut, Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor membenarkan proses tersebut.

Baca juga: Cekcok Pengendara dengan Tukang Parkir di Senayan, Motor Diminta Rp 10.000


"Bisa (menyalakan saat baterai habis) yang penting ada nomor id remot," ucap Aries kepada Kompas.com, Rabu (14/6/2023).

Aries menyarankan, kode id remot tadi sebaiknya dilepas dari kunci atau dipisah. Jadi nantinya kode tersebut bisa disimpan di dompet, kalau misal ada kondisi darurat seperti kunci kehabisan baterai saat sedang di luar rumah.

"Enak (simpan) di dompet, kalau digantung lama-lama pudar, kena gesekan di kantung. Kalau bisa dibungkus plastik, baru simpan di dompet," kata Aries.

Kalau misalnya tetap disatukan antara kunci dan id remot, takutnya jatuh malah kehilangan dua-duanya. Tentu kalau terjebak di kondisi tersebut, akan sangat merepotkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com