Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta Cek Mobil Bekas Kondisi Mesin Harus Dingin?

Kompas.com - 13/06/2023, 11:42 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Beredar kabar di berbagai media sosial bahwa dalam memeriksa mobil bekas sebaiknya dilakukan saat pagi, ketika mesin belum dipanasi oleh pemiliknya.

Berbagai masalah pada mobil diisukan akan terdeteksi ketika mesin masih dingin. Sehingga, itu menjadi waktu yang tepat untuk Anda yang ingin melakukan pemeriksaan mobil bekas sebelum dibeli.

Namun, beberapa mobil justru bisa saja bermasalah ketika suhu mesin sudah tinggi sehingga mungkin saja anggapan itu tidak tepat. Simak penjelasan lengkapnya, nih!

Baca juga: Daftar Mobil Bekas dengan Harga Jual Stabil

Pilihan mobil bekas murah untuk mudik lebaran 2023, harga mulai Rp 100 JutaKOMPAS.com/Daafa Pilihan mobil bekas murah untuk mudik lebaran 2023, harga mulai Rp 100 Juta

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan, pemeriksaan mobil bekas sebenarnya membutuhkan kondisi mesin dingin dan sekaligus panas juga.

“Kenapa muncul anggapan memeriksa mobil harus dalam kondisi mesin dingin, karena bila mesin sudah panas atau mencapai suhu kerja akan lama dinginnya, sedangkan kita perlu memeriksa kondisi masih dingin juga,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (11/6/2023).

Hardi mengatakan rentang waktu pemeriksaan mobil bekas membutuhkan kedua kondisi baik dingin atau panas.

Baca juga: Ini Mobil Bekas yang Harganya Anjlok

Tiap bursa mobil bekas punya karakter tersendiri, salah satunya ialah bursa mobil bekas di Mal legendaris yaitu di Mal Blok M, Jakarta Selatan, yang banyak menjual mobil Eropa bekas.KOMPAS.com/Gilang Tiap bursa mobil bekas punya karakter tersendiri, salah satunya ialah bursa mobil bekas di Mal legendaris yaitu di Mal Blok M, Jakarta Selatan, yang banyak menjual mobil Eropa bekas.

Saat kondisi mesin masih dingin pemeriksaan bisa meliputi segala sesuatu yang kemungkinan mengalami kerusakan dalam kondisi tersebut seperti untuk transmisi matik.

“Ketika transmisi matik sudah mulai rusak, salah satu gejalanya adalah mobil tidak mau jalan meski tuas matik dimasukkan ke posisi D atau R, bahkan pedal gas diinjak juga tetap tidak mau jalan, tapi kalau mesin mulai panas akan bisa jalan,” ucap Hardi.

Hardi juga mengatakan kemungkinan gejala kerusakan yang muncul saat kondisi mesin dingin bisa beragam mulai dari kerusakan yang sering hingga temuan yang tidak biasa sekalipun.

Baca juga: Waspada, Ada Oknum Pedagang Mobil Bekas yang Tidak Jujur Soal AC

“Maka dari itu, dibutuhkan pemeriksaan dalam kondisi mesin masih dingin, tapi bukan berarti pemeriksaan dengan kondisi mesin panas tidak perlu, beberapa penyakit mobil juga bisa muncul saat sudah panas,” ucap Hardi.

Jadi, pemeriksaan mobil bekas tidak dikhususkan pada kondisi mesin masih dingin saja, tapi kita butuh memeriksa dari awal hingga akhir, mulai dari kondisi mesin dingin sampai panas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com