Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sikap yang Dilakukan Saat Lihat Anak Kecil Bawa Sepeda Listrik di Jalan

Kompas.com - 08/06/2023, 15:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena anak di bawah umur alias bocil bawa sepeda listrik dan masuk ke jalan umum cukup meresahkan. Menimbang ramainya arus jalan yang didominasi kendaraan seperti mobil dan motor, bukan tidak mungkin potensi kecelakaan bisa terjadi.

Berkaca dari situasi tersebut, bagaimana langkah yang harus diambil pengendara jika menjumpai bocil yang mengendarai sepeda listrik di jalan umum?

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC), menganjurkan pengendara untuk bersikap dewasa dan empatik. Dalam hal ini, sebaiknya memberikan teguran verbal kepada si pengguna sepeda listrik.

“Tidak harus memarahi, cukup memberikan teguran. Karena sepeda yang masuk ke jalanan umum, apalagi dikendarai oleh bocil, itu kan berbahaya sekali. Anak kecil mungkin belum mengetahui skala resiko yang ditimbulkan,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (8/6/2023).

Baca juga: Truk Seken yang Sudah Modifikasi Susah Laku

Bermain sepeda listrik di kawasan Pantai Maju PIK, jakarta Utara, Sabtu (11/3/2023).Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Bermain sepeda listrik di kawasan Pantai Maju PIK, jakarta Utara, Sabtu (11/3/2023).

Marcell menjelaskan, memang tugas menjaga keselamatan lalu lintas adalah milik Polisi selaku pihak berwajib. Namun seyogyanya, pengendara bisa bantu mengkondisikan bila mana tidak ada aparat di jalan.

Dia menambahkan, resiko keselamatan yang ada pada sepeda listrik, khususnya yang lansiran terbaru, tidak bisa diremehkan mengingat kecepatannya sudah bisa menyentuh 50 kpj bahkan lebih.

“Menegur itu dianggap sebagai empati sosial kita, supaya mereka (bocil) aman. Arahkan saja mereka ke trotoar dan nasihati bahaya masuk ke jalan umum,” ucap dia.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, menambahkan, peran orang tua dalam memberikan edukasi sangatlah penting dalam situasi ini.

Baca juga: Pertamina Mau Jual Bioetanol, Daihatsu Mengaku Belum Tahu

Ida Nuham Mama Papua asal Mansel saat melihat sepeda listrik di kegiatan festivalAdlu Raharusun Ida Nuham Mama Papua asal Mansel saat melihat sepeda listrik di kegiatan festival

“Sekalipun naik sepeda biasa dan bukan listrik, nasihat soal keselamatan itu tetap penting sekali. Jangan sampai terjadi situasi yang tidak diinginkan dan bisa merugikan banyak pihak,” ucapnya.

Dia menambahkan, langkah teraman yang bisa diterapkan adalah orang tua harus selalu mendampingi anak kecil saat menggunakan sepeda listrik.

“Jadinya selalu bisa dipantau dan diamankan, sembari mengajarkan soal etika penggunaan jalan yang dibenarkan. Kalau bawa sepeda listrik, berarti harus di jalur khusus dan bukan jalan umum,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com