Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail Ubahan Daihatsu New Terios, Fitur Makin Lengkap

Kompas.com - 08/06/2023, 12:49 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu New Terios resmi meluncur dengan berbagai ubahan yang cukup signifikan. Bukan dari segi dapur pacu, tapi dari eksterior, interior, dan juga fiturnya.

Untuk sektor mesin, New Terios masih mengandalkan mesin yang lama dengan kode 2NR-FE. Mesinnya berkapasitas 1.500 cc, non turbo, DOHC, 16 katup, VVT-i. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 109 tk dan torsi 136 Nm.

Pada bagian eksterior, ubahan New Terios terletak pada bumper, grille, smoke headlamp, dan illuminating lamp yang membuatnya tampak lebih sporty.

Baca juga: Daihatsu New Terios Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 236 Juta

Kemudian, penyematan desain aero kit juga dilakukan pada bagian bumper depan dan belakang, ditambah side stone guard, serta side body molding pada bagian bodi samping yang terdapat khusus pada varian tertinggi, yakni R Custom.

Pada bagian pelek, Daihatsu membekali New Terios dengan alloy wheel dengan diameter 16 inci dan 17 inci, tergantung variannya.

Daihatsu New TeriosKompas.com/Sendy Daihatsu New Terios

Masuk ke bagian interior, suasana SUV ini terasa lebih elegan dan sporty. Interiornya didominasi warna hitam dengan aksen merah pada beberapa bagian. Untuk joknya, sudah dilapisi dengan kombinasi kulit.

Fitur di kabin juga semakin canggih dengan adanya wireless charger, fitur yang biasanya ada di mobil mewah. Lalu, head unit dibekali dengan layar berukuran 7 inci dan sudah memiliki konektivitas dengan smartphone, baik Android Auto maupun Apple CarPlay.

Terkait fitur keamanan dan keselamatan, New Terios sekarang sudah dibekali dengan 6 SRS Airbag, mulai sisi depan dan samping. Daihatsu juga membekalinya dengan fitur around view monitor dengan kamera 360.

Daihatsu New TeriosKompas.com/Sendy Daihatsu New Terios

Fitur terkini lainnya juga hadir, seperti VSC (Vehicle Stability Control) yang dapat mencegah over steer dan under steer; HSA (Hill Start Assist) untuk mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan; ABS (Anti-Lock Brake System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) untuk memaksimalkan performa pengereman agar lebih aman.

New Terios hadir dengan enam warna pilihan dengan dua di antaranya merupakan warna baru, yaitu Silver Metallic dan Green Gun Metal. SUV ini dijual dengan harga mulai Rp 236,05 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 303,25 juta (OTR Jakarta) dan tersedia varian X, R, dan R Custom.

Baca juga: Daftar Harga Hatchback per Juni 2023, Mulai Rp 265,5 Juta

"Terios lama bisa terjual 2.000 unit hingga 2.200 unit per tahun. Untuk New Terios, targetnya 2.000 unit per tahun, karena kita lihat juga persaingan SUV ini yang semakin ramai," ujar Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, saat peluncuran All New Terios, di Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com