Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Yamaha XSR900 dari Velocity Moto, Jadi Tampilan Retro

Kompas.com - 06/06/2023, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu motor ikonik dari Yamaha pada 1980-an adalah RD (Racing Developed) 500. Motor dua tak tersebut punya mesin V4 499cc dan punya tenaga tembus 88 TK.

Bagi yang mau memiliki motor tersebut tapi juga ingin motor yang modern, Velocity Moto punya solusinya. Rumah modifikasi asal Inggris tersebut membuat body kit untuk Yamaha XSR900 jadi bergaya RD500.

Dikutip dari Motorcyclenews, kit tersebut dipamerkan dalam acara Bike Shed di London. Warna yang dipilih untuk bodinya pun ikonik, merah, putih, serta ada aksen hitam, ditambah ada tulisan XRS900GP di bagian belakang.

Baca juga: Yamaha Luncurkan Warna Baru Vega Force, Harga Rp 17 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Velocity-moto (@velocity_moto_uk)

 

Perbedaan paling utama dari kedua motor ada pada mesin dan dimensi. RD500 memakai V4, XSR900 mesinnya tiga silinder segaris, jadi ada ubahan di bagian knalpot sampai ukuran bodinya.

Bagian bangku tampak masih standar, cuma untuk penumpang ditutup cover yang bentuknya mengotak, agar terlihat seperti RD500. Ubahan paling besar tentu di bagian depan, di mana dipasang fairing.

Fairing tersebut dipasang ke bracket baru, yang juga menahan lampu utamanya. Bagian fairing samping didesain dari nol, dibuat menyerupai RD500 yang tebal fairingnya.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Bisa Dapat Motor Listrik Gratis, Simak Syaratnya


Untuk bagian lampu depan, sebenarnya masih memakai yang standar bentuknya. Tapi Velocity motor membuat bodi yang mengelilingi lampu tersebut, jadi terlihat kotak kalau dari luar.

Hasil modifikasi dari tersebut pun diapresiasi Marketing Manager Yamaha Inggris Jeff Turner. Menurutnya ini ide yang jenius, RD500 punya desain yang ramping, tapi body kit ini bisa membuat XSR900 terlihat mirip dimensinya, padahal tentu lebih lebar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com