Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara United E-Motor Mudahkan Pengisian Daya bagi Konsumennya

Kompas.com - 05/05/2023, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Terang Dunia Internusa (TDI), pemegang merek United E-Motor, menjelaskan semua sepeda motor listrik yang dipasarkannya telah dilengkapi portable charger.

Dengan demikian, memudahkan pemilik motor listrik melakukan pengisian daya baterai langsung dari stop kontak, layaknya melakukan pengisian daya gawai elektronik.

Head of Division United E-Motor Awan Setiawan mengatakan, dengan portable charger, pengguna United E-Motor tidak perlu ke SPKLU karena bisa cas langsung di rumah, kantor, atau tempat beraktivitas lain.

Baca juga: Perbedaan Mesin Big Bang dan Screamer pada Motor Balap MotoGP

"Semua tipe United E-Motor yang dirilis menggunakan sistem pengecasan langsung atau direct charge ke sumber listrik," kata Awan, dalam keterangan resminya, Jumat (5/5/2023).

United E-Motor dilengkapi portabel chargerUnited E-Motor United E-Motor dilengkapi portabel charger

Lebih lanjut Awan menjelaskan, semua motor listrik yang dipasarkan PT TDI, yakni T1800, TX1800, TX3000 dan MX1200, telah dilengkapi dengan portable charger. Ada dua sistem pengisian, dengan melepaskan baterai dari motor atau langsung dicolokkan ke soket yang ada pada unit motor.

Kedua mode pengecasan tersebut bisa diterapkan untuk model T1800, TX1800, dan TX3000, yang menggunakan baterai lithium dan bisa dilepas dan dipasang kembali. Sedangkan MX1200 menggunakan baterai Graphene yang ditanam pada bodi motor.

Baca juga: Saat Motor Isi BBM Dianjurkan Pakai Standar Tengah


Khusus untuk TX3000, telah menggunakan dua slot baterai lithium dengan waktu pengecasan yang hanya membutuhkan waktu 2 jam per baterai, serta mampu memberikan tenaga dan jarak tempuh mencapai 120 km dengan kecepatan hingga 90 km per jam (kpj).

General Manager PT TDI Andry Dwinand menjelaskan, pihaknya terus melakukan riset dan pengembangan terhadap motor listrik yang lebih cocok dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, serta menerapkan teknologi up to date seiring dengan perkembangan zaman.

United E-Motor dilengkapi portabel chargerUnited E-Motor United E-Motor dilengkapi portabel charger

"Penerapan teknologi termutakhir terus kami godok untuk membuat line-up United E-Motor semakin lengkap dan terdepan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com