Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Petualang Asal China, Velimotor VMX10S Harga Rp 43 Juta

Kompas.com - 04/05/2023, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara motor listrik, kebanyakan memang mengisi segmen perkotaan atau commuter. Tapi ada sedikit juga motor listrik sporty dengan performa tinggi sampai model roadster.

Cuma, untuk motor petualang atau adventure, rasanya masih belum ada yang turut meramaikan. Sekarang, hadir Velomotor asal China yang masuk ke segmen motor listrik adventure dengan VMX10S.

Dikutip dari Rideapart, VMX10S dilengkapi dengan baterai 72V 58AH yang punya jarak tempuh sampai 150 Km. Jarak yang cukup jauh untuk motor listrik petualang dengan bobot 128 Kg ini.

Baca juga: Diduga Motor Listrik Honda Sedang Dites, Ini Jawaban AHM

Motor listrik adventure Velimotor VMX10SRIDEAPART Motor listrik adventure Velimotor VMX10S

Selain itu, agar bisa menjelajah lebih jauh, Velimotor menyediakan baterai tambahan yang bisa dibawa di pannier samping. Jadi selain punya tempat penyimpanan, pannier juga bisa membawa baterai untuk jarak tempuh lebih jauh.

Soal tenaga, digunakan motor listrik dengan kekuatan 12 kW atau setara 16,1 TK. Kombinasi baterai dan motor listrik ini membuat VMX10S bisa melaju sampai 120 Kpj dengan akselerasi 0-100 Kpj di 9,8 detik.

Fitur tambahan yang sangat berguna di VMX10S adalah regenerative braking yang mengisi kembali baterai saat deselerasi. Selain itu disematkan juga gigi mundur yang membantu pengendara manuver di lokasi yang sempit.

Baca juga: Video Motor Korban Bengkel di Sentul Diperbaiki Relawan


Bisa dibilang, selain powertrain yang nol emisi, VMX10S seperti motor adventure pada umumnya. Sasis memakai model tubular, di depan memakai suspensi upside-down dan belakang monoshock bisa disetel.

Pelek jari-jari disematkan, mencirikan motor yang tangguh dibawa off-road dengan ukuran 19 inci di depan dan 18 inci di belakang. Posisi duduk juga jangkung, ketinggian jok dari tanah 880mm.

Lalu, disematkan fitur lain seperti lampu LED dengan dispaly full digital. Kemudian, agar semakin tangguh, sistem elektrikalnya sudah memenuhi IP54 (bodi) dan IP67 (electrical system), jadi water proof.

Soal harga, Velimotor VMX10S dibanderol 2.780 US Dollar atau setara Rp 43 jutaan. Bisa dibilang jadi motor yang ekonomis tapi tangguh dan unik, bisa dibawa bertualang ke mana saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com