Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koboi Jalanan yang Pukul Pengendara Lain Pakai Pelat Dinas Polisi Palsu

Kompas.com - 05/05/2023, 14:38 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan aksi "koboi jalanan" yang mengendarai mobil pelat dinas Polri menyetop dan kemudian mengintimidasi hingga memukul pengemudi lain.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan, hasil penyelidikan mengungkap bahwa pelat nomor dinas yang dipakai pelaku tidak sesuai peruntukan.

Tanda Nomor Kendaraan Bemotor (TNKB) pada mobil dinas Mazda yang digunakan pelaku aslinya terdaftar untuk mobil Toyota Kijang tahun 2003.

Baca juga: Polisi Buru Koboi Jalanan yang Pakai Mobil Pelat Dinas Polri Sambil Bawa Pistol

"Di mana, TNKB yang digunakan terlapor, saat ini masih terdaftar pada jenis kendaraan Toyota Kijang tahun 2003 dinas milik Polda Metro Jaya dan masih terpasang sesuai peruntukkannya dengan masa berlaku 13/4/2022 sampai dengan 13/4/2023," katanya kepada wartawan, Jumat (5/5/2023).

"Sedangkan untuk kendaraan sedan Mazda Nopol 10011-VII yang digunakan terlapor, tidak terdaftar dalam registrasi biro logistik Polda Metro Jaya dan tidak sesuai peruntukannya atau bisa dikatakan palsu pelat nomornya," kata Trunoyudo.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Merekam Jakarta Lewat Kamera (@merekamjakarta)

 

Sebelumnya Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto telah memerintahkan jajarannya untuk mengejar pengemudi mobil berpelat dinas Polri yang memukul pengendara lain di Tol Dalam Kota, Jakarta Barat.

Karyoto mengatakan sudah memerintahkan anggotanya menyelidiki peristiwa pemukulan oleh pengemudi yang menenteng sepucuk pistol itu.

"Insya Allah sudah dalam proses pengejaran. Semua jajaran Polda Metro Jaya sudah perhatian," ujar Karyoto melalui pesan singkat dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/5/2023).

"Tunggu hasilnya ya. Polres-polsek juga sudah diperintahkan mencari," kata Karyoto.

Baca juga: Aksi Koboi Jalanan Terulang Lagi, Pakai Mobil Dinas Polisi Pukul Pengemudi Lain Sambil Bawa Pistol

Dalam video yang diunggah akun Story Rakyat, terjadi pada (4/5/2023) pukul 22.30 WIB di tol dalam kota. Terlihat pria tersebut memakai kaos dan celana pendek, diduga kesal karena tidak terima laju mobilnya dipotong.

Pria tersebut juga membawa sesuatu di tangan yang diduga merupakan senjata api berjenis pistol.

"Kronologi : jadi sikoboi di salip ama driver, merasa tidak terima karna jalannya dipotong oleh driver online, sang koboi pun menghentikan kendaraan dinasnya didepan kendaraan driver online dan melakukan hal hal seperti yang terekam didalam video, kemudian kembali ke mobilnya dan mengambil sebuah senjata api. Saat ini Bapak Driver Online ditemani puluhan rekannya beramai ramai ke Polda metro jaya untuk membuat laporan," tulis penjelasan video.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com