Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Engage Kembaran Innova Zenix Meluncur Bulan Depan

Kompas.com - 03/05/2023, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Gaadiwaadi


JAKARTA, KOMPAS.com - Maruti Suzuki akan meluncurkan MPV baru dalam beberapa bulan ke depan. Mobil tersebut bernama Suzuki Engage dan berada di atas Grand Vitara dengan jumlah kursi 7 penumpang.

Dilansir dari gaadiwaadi, Engage akan jadi senjata baru Suzuki India menggaet pasar MPV kelas menengah. Jantung pacunya juga tidak sembarangan yaitu sudah menganut dua penggerak alias hibrida.

Baca juga: KTM Uji Paket Aerobody Baru pada Sesi Tes Jerez 2023

Menariknya, Suzuki sebetulnya belum punya basis mesin tersebut sehingga Engage akan menggunakan basis Toyota Innova HyCross yang merupakan Innova Zenix versi India dengan salah satu opsi mesin 2.000 cc hibrida.

Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.dok TAM Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.

Jika benar maka Engage akan menjadi produk MPV Toyota pertama yang alih merek menjadi Suzuki di India.

Bicara desain masih mirip-mirip seperti Innova Zenix namun dengan beberapa penyesuaian. Dapat dilihat dari render yang dibuat gaadiwaadi, bentuk gril depan berubah meski lampu depan masih mirip.

Gril heksagonal lebar memiliki lapisan hitam. Di tengahnya ada batang krom horizontal tebal yang menghubungkan batas krom berbentuk U di kisi-kisi. Bagian belakang juga dipercaya tetap mirip Innova Zenix.

Baca juga: Toyota Indonesia Tanggapi Skandal Tes Tabrak Toyota-Daihatsu

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid ModellistaKOMPAS.com/SENDY Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Modellista

Interior dipercaya tetap identik dengan Innova Zenix meski ada perubahan kecil. Sistem infotainment pakai layar sentuh besar dengan opsi konektivitas, tombol start / stop, enam airbag, dan sandaran kepala yang dapat disesuaikan.

Toyota-Suzuki telah menjalin kerjasama sejak 2017. Merek Toyota berganti Suzuki dan sebaliknya di beberapa negara tergantung kebijakan dan penjualan di negara tertentu.

Suzuki Vitara Brezza dan Baleno ganti merek jadi Toyota Urban Cruiser dan Glanza di India. Sedangkan Baleno, Ciaz, Ertiga dan Celerio jadi merek Toyota di Afrika Selatan dan Timur Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com