Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Tanggapi Skandal Tes Tabrak Toyota-Daihatsu

Kompas.com - 03/05/2023, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beberapa model mobil Daihatsu terkena skandal karena mencurangi hasil tes tabrak. Kejadian ini turut menyeret nama Toyota.

Dikutip dari Asia.nikkei.com, Sabtu (29/4/2023), Daihatsu melakukan modifikasi pada bagian dalam pintu dalam uji keselamatan tabrakan samping yang dilakukan untuk sekitar 88.000 unit. Sebagian besar mobil tersebut dijual dengan merek Toyota.

Baca juga: Toyota dan Daihatsu Terkena Skandal, Curang Saat Tes Tabrak

Tujuan modifikasi tersebut dilakukan untuk mencegah agar bagian itu tidak pecah berkeping-keping dengan ujung tajam yang dapat melukai penumpang ketika airbag mengembang.

Toyota All New AgyaDok. TAM Toyota All New Agya

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, pihaknya sudah mendapat informasi akan adanya isu soal sertifikasi di beberapa model termasuk di merek Toyota.

"Sejauh ini, kami berkoordinasi dengan principal karena hal ini terkait sertifikasi, maka unit-unit yang dipasarkan di Indonesia tidak terlibat ya," ujar Anton, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Soal Skandal Tes Tabrak Toyota dan Daihatsu, Ini Kata ASEAN NCAP

"Di mana untuk domestik Indonesia khususnya terkait unit-unit yang diinformasikan (bersama dengan model lain), kami di TAM, pastikan sudah dihomologasi untuk dapat izin dipasarkan oleh pemerintah Indonesia," kata Anton.

Daftar model yang terdampak akibat skandal tes tabrak Toyota-DaihatsuDok. Daihatsu Daftar model yang terdampak akibat skandal tes tabrak Toyota-Daihatsu

Menurut data yang dirilis oleh Daihatsu Motor Co., Ltd., disebutkan bahwa Toyota Agya juga terdampak. Tapi, unit yang terdampak adalah untuk ekspor ke Ekuador yang rencananya akan baru diproduksi pada Juni 2023.

"Soal produksi atau ekspor, mungkin narasumber dari produksi ya, bukan dari TAM," ujar Anton.

Produksi Toyota Agya sendiri dilakukan oleh Daihatsu. Sementara itu, pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum memberikan respons ketika dihubungi oleh redaksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com