Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Royal Enfield Bakal Punya Motor Bobber, Pakai Basis Classic 350

Kompas.com - 28/04/2023, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield memang sedang gencar memperluas segmen yang ada pada lini produknya. Bahkan baru saja tertangkap kamera motor baru Royal Enfield dengan gaya Bobber di India.

Dikutip dari Autocar India, basis mesin 350cc di Royal Enfield akan diperluas dengan hadirnya Bobber single seat. Motor baru ini mengambil basis Royal Enfield Classic 350, desainnya pun mirip.

Secara bagian bodi, jika dilihat pada foto tersebut tidak banyak perbedaan dengan Classic 350. Tapi, bodi Classic ini sebenarnya juga sudah bagus, desainnya bersih dan gaya retronya sangat kuat.

Baca juga: Royal Enfield Siapkan Fasilitas Produksi Motor Listrik

Royal Enfield Classic 350KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Royal Enfield Classic 350

Walaupun pakai single seat, pada prototipe yang tertangkap kamera ini ada tempat kaki untuk penumpang belakang. Mungkin nanti ada opsi untuk tambahan bantalan buat tempat duduk penumpang.

Perbedaan lainnya bisa dilihat pada bagian ban yang menggunakan model white wall atau dinding putih. Penggunaan ban tersebut membuat aura bobber motor baru ini semakin kental, jadi pembeda juga dengan Classic 350.

Tapi, walau bergaya retro, beberapa komponen di motor ini dicat hitam, seperti di mesin, pelek, sampai knalpot. Berbeda dengan model Classic, di mana bagian di atas dikrom, bukan hitam warnanya.

Baca juga: Pasutri Asal Indonesia Bawa Toyota Veloz Tembus Wilayah Dingin China, Suhu 3 Derajat Celsius


Perbedaan lain bisa dilihat dari setang yang bergaya ape-hanger, lebih tinggi dari varian Classic. Walau begitu, posisi duduknya tetap tegak, seperti di Classic 350.

Diduga, mesin yang digunakan pada Bobber akan sama dengan Classic yakni 349cc satu silinder berpendingin udara dengan 20 TK dan torsi 27 Nm.

Motor Bobber dari Royal Enfield ini baru sekali kelihatan dites di jalan. Jadi untuk debutnya mungkin masih lebih lama dibandingkan model Himalayan 450 dan Shotgun 650.

Soal harga, ekspektasinya akan dekat dengan Classic 350 yang di Indonesia dibanderol Rp 110 jutaan. Motor ini nantinya akan bersaing dengan Jawa Perak dan 42 Bobber di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com