Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TVS Siapkan Motor 650cc, Calon Kuat Lawan Royal Enfield

Kompas.com - 09/03/2023, 13:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor lifestyle atau untuk bergaya memang sedang tren saat ini. Setiap merek punya lini produk sendiri untuk memenuhi permintaan pasar yang senang dengan motor stylish.

Oleh karena itu, TVS juga mau masuk ke segmen tersebut dengan agresif, mempersiapkan motor 600cc-750cc. Bisa dibilang, TVS agak terlambat, bahkan pasar sudah didominasi produk dari Royal Enfield dengan mesin 650cc dua silinder segaris.

Tapi tidak ada salahnya bukan kalau TVS juga menawarkan produk yang ternyata diinginkan masyarakat, dari model sampai ke fiturnya.

Baca juga: Spesifikasi TVS Ronin 225, Sport Klasik dengan Tampilan Unik

Prototipe Norton New V4 Cafe RacerFoto: Visordown Prototipe Norton New V4 Cafe Racer

Dikutip dari Rushlane, motor baru TVS ini juga bisa jadi opsi pelanggan setia kalau mau naik kelas. Mengingat TVS seperti berhenti di motor 310cc, dengan Apache RR310, padahal segmen motor lifestyle di atas 500cc juga tidak kalah menarik.

Pengembangan motor TVS dengan mesin 600cc-750cc sebenarnya sedang berlangsung. Tapi memang tidak ada bocoran resmi mengenai rencana pabrikan asal India tersebut.

Nantinya, mesin motor baru TVS ini memakai konfigurasi dua silinder segaris. Bayangan tenaga dan torsinya bisa dekat dengan mesin 650cc milik Royal Enfield, sekitar 47 TK dan 52 Nm.

Baca juga: Pelaku Klitih yang Ditabrak Warga, Berkendara dalam Kondisi Mabuk


Soal bodi yang dipasang ke motor barunya, TVS kemungkinan punya beberapa opsi. Misal bodi roadster atau motor naked klasik, bisa juga scrambler, cafe racer, sampai adventure.

Belum dipastikan juga apakah TVS akan sendiri mengembangkan motor barunya atau kerja sama. Mengingat pada April 2020, TVS membeli merek motor asal Inggris yakni Norton Motorcycles.

TVS juga berencana melakukan transisi ke merek lifestyle. Bisa dilihat dengan meluncurnya Ronin, motor naker bergaya klasik dan meningkatkan fokus pada acara komunitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com