Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siapkan Pesaing Royal Enfield Himalayan, Pakai Basis CB300F

Kompas.com - 23/03/2023, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor adventure ringkas saat ini cukup digemari di pasaran. Bahkan, beberapa merek punya lini produknya sendiri, salah satunya seperti Royal Enfield Himalayan.

Tidak mau kalah bersaing, Honda kabarnya juga menyiapkan motor untuk menyaingi merek Inggris blasteran India tersebut. Basis dari motor adventure baru Honda dirumorkan menggunakan CB300F yang diluncurkan di India belum lama ini.

Dikutip dari Rushlane, Honda akan meluncurkan produk lain yang memanfaatkan basis CB300F, diduga kuat produk bergaya adventure. Contoh sebelumnya seperti CB200X yang mengambil basis Hornet 2.0.

Baca juga: Lihat Kembaran Honda ADV, Pakai Sistem Hybrid dan Kamera

Honda CB300FWILLIAMS Honda CB300F

Melihat motor bergaya adventure sedang naik daun, maka CB300F ADV ini akan masuk ke segmen yang kompetitif. Tapi kembali lagi, ini cuma bergaya ADV saja, bukan punya kemampuan off-road yang proper.

Soal spesifikasi, tampak perbedaannya ada pada bodi yang gambot layaknya motor adventure. Selain itu, tentu ada perubahan di posisi duduk, yang semula street fighter, diubah jadi posisi berkendara yang lebih ergonomis.

Bisa saja, desain dari CB300F ADV ini mengambil inspirasi dari kakaknya yakni CB500X dan bakal diberi nama CB300X. Mesinnya sama dengan CB300F, 293,52cc, menghasilkan 24 TK dan torsi 25,6 Nm.

Baca juga: Kenapa Pengemudi Truk Sekarang Jarang Pakai Kernet?


Lalu di bagian kaki-kaki, tentu mendapatkan suspensi upside-down di depan dan monoshock belakang. Soal pengereman, masih memakai basis CB300F yakni ganda, di depan dan belakang.

Desain lampu juga diduga akan sama, beda pada bagian yang membungkus saja (cover). Bentuk depannya sepertinya akan menyatu dengan bagian fairing, layaknya motor adventure lain.

Tentu, akan lebih menarik lagi kalau Honda niat dengan menyematkan suspensi yang lebih jauh travelnya, ukuran roda belang dan memakai pelek jari-jari. Tapi ini masih harapan saja, kita tunggu aslinya nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com