Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Sopir Bus Soal PO Rapi yang Nyaris Seruduk Truk

Kompas.com - 27/04/2023, 08:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai bus bukanlah pekerjaan yang bisa dianggap sepele. Dibutuhkan kemahiran dan juga teknik mengemudikan bus yang tepat untuk mengantarkan banyak nyawa penumpang.

Misalnya seperti kejadian salah satu bus dari perusahaan otobus (PO) Rapi hampir menabrak truk yang hendak berbelok di depannya. Namun, dengan sigap sopir bus membanting setir ke kanan untuk menghindari kejadian tabrakan.

Kejadian tersebut tersebut terekam pada cuplikan video yang dibagikan oleh akun Instagram @terlalutuman. Akan tetapi, tidak disebutkan secara jelas kapan dan dimana lokasi kejadian tersebut terjadi.

Baca juga: Viral Video Bus PO Rapi Hampir Seruduk Truk yang Mau Belok

Menanggapi video tersebut, Rudi salah satu sopir bus dari PO Indorent berpendapat jarak kedua kendaraan pada video memang sudah aman.

Namun, ada kemungkinan pengemudi truk tidak menyalakan lampu sein, sehingga bus dalam keadaan kencang tidak mungkin bisa untuk rem mendadak.

Alhasil, bila sopir bus dalam cuplikan video tidak punya konsentrasi tinggi maka bisa saja kedua kendaraan tersebut alami kecelakaan fatal.

Sopir bus AKAP, Beni Silitonga (kanan) dan kondektur, Dimas saat menunggu penumpang di Terminal BRPS di Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (7/9/2022) sore.KOMPAS.COM/IDON Sopir bus AKAP, Beni Silitonga (kanan) dan kondektur, Dimas saat menunggu penumpang di Terminal BRPS di Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (7/9/2022) sore.

“Faktor keberuntungan masih bisa buang ke kanan. JIka tidak ada kesempatan untuk banting setir ke kanan sudah pasti akan terjadi kecelakaan,” kata Rudi kepada Kompas.com, Rabu (26/4/2023).

Baca juga: Selama Puncak Arus Balik Lebaran 134.000 Kendaraan Melintas Per Hari

Menurut Rudi, selama sopir bus masih dalam posisi normal (tidak mengantuk) bisa konsentrasi pada keadaan dilapangan akan aman selama perjalanan.

Namun, jika sopir bus mengantuk dapat menyebabkan tidak konsentrasi dan gagal untuk melakukan tindakan yang tepat saat menghadapi truk.

“Kalau saja sopir bus dalam keadaan mengantuk, mungkin saja itu sudah terjadi kecelakaan yang disebabkan truk belok kanan mendadak,” kata Rudi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com