Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Begini Skema One Way Saat Arus Balik Lebaran 2023

Kompas.com - 24/04/2023, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Korlantas Polri menyatakan bakal menyiapkan beberapa langkah cara bertindak dalam memberikan pengamanan arus balik libur Lebaran 2023.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, mengatakan, pihaknya memastikan untuk menerapkan skema one way mulai Senin, 24 April 2023.

“Kami akan melanjutkan rekayasa one way mulai besok dari Kalikangkung Km 414 sampai gate tol Cikampek Utama dan akan dilanjutkan contraflow dari Km 70 sampai Km 47 menggunakan 3 lajur,” ujar Firman, disitat dari NTMC Polri (23/4/2023).

Baca juga: Quartararo Sebut Yamaha Percuma Pasang Banyak Winglet di YZR-M1

Petugas berjaga saat penutupan Jalan Tol Dalam Kota yang mengarah ke Tol Cikampek di Jakarta, Jumat (6/5/2022). Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan akses menuju Tol Jakarta-Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Petugas berjaga saat penutupan Jalan Tol Dalam Kota yang mengarah ke Tol Cikampek di Jakarta, Jumat (6/5/2022). Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan akses menuju Tol Jakarta-Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022.

Namun, bila kondisi bangkitan kendaraan pemudik dari arah Timur menuju Barat meningkat, rekayasa lalu lintas contraflow akan dilanjutkan sampai Km 36.

“Kemudian dilanjutkan sampai Km 21, dengan catatan Km 70 sampai Km 66 dua lajur, kemudian sampai Km 48 tiga lajur, contraflow Km 48 – Km 36 dua lajur dan apabila saat padat, dilanjutkan Km 36 sampai Km 21 tol Cikampek,” ucap Firman.

Selain itu juga ada jalan tol yang akan difungsionalkan pada saat arus balik mudik, pertama untuk masyarakat yang akan ke Bandung, Sumedang dan sekitarnya akan dikawal melewati Cisumdawu, dan ini sudah disiapkan hanya sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Jawaban Honda soal Rumor Scoopy Pakai Mesin 160 cc

“Kemudian ada pengalihan di tol Cipularang melalui Japek 2 Sadang, untuk menghindari pertemuan dari Cipularang dan Cipali yang akan masuk tol Cikampek,” kata Firman.

Firman menambahkan bakal ada pemberlakuan ganjil-genap untuk mengurangi kepadatan pada arus balik.

“Kami akan sosialisasikan penerapan ini dan mengimbau kepada masyarakat agar melakukan perjalanan pada puncak arus mudik tanggal 24-25 April untuk jalan sesuai dengan pelat kendaraannya,” kata Firman.

Terakhir, Korlantas Polri juga sudah menyiapkan perpanjangan rekayasa lalu lintas contraflow yang dimungkinkan sampai tol Dalam Kota, terutama bila volume kendaraan meningkat hingga masuk Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com