Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Garuda Mas Luncurkan Bus Baru Rakitan Adiputro

Kompas.com - 14/04/2023, 06:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Adiputro meluncurkan bus baru milik perusahaan otobus (PO) Garuda Mas. Bus anyar milik PO asal Cirebon, Jawa Barat tersebut akan digunakan sebagai pelayanan antarkota antarprovinsi (AKAP).

Sementara itu, bus tersebut tampil gagah dengan balutan bodi Jetbus3+ SHD dengan empat bagasi luar.

Lalu pada tampilan kaca depan bu menggunakan model double glass, namun kaca bagian atas tidak terlalu dibuat lebar atau jenong.

Wajah bus juga tampil lebih minimalis tanpa adanya gril. Kemudian, pada kaca samping bus berhiaskan selendang dan punuk berwarna hijau toska. Warna tersebut senada dengan yang digunakan oleh bando dan spion tanduk bus.

Baca juga: Dilarang Bonceng Tiga dan Bawa Barang Berlebih, ETLE Pantau Pemudik Motor

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)


Jika secara visual eksterior, bus ini melakukan ubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan unit PO Garuda Mas generasi sebelumnya.

Biasanya, bus PO Garuda Mas tampil dengan kelir yang dinominasi biru toska dengan sentuhan corak garis putih. Kini bus tampil dengan kelir putih yang mendominasi dan dipercantik dengan sentuhan biru toska pada livery dan juga ornamen pelengkap.

Bus baru PO Garuda MasInstagram @adiputro_official Bus baru PO Garuda Mas

Namun, ciri khas yang tidak hilang adalah gambar burung garuda berukuran besar yang menghiasi bodi samping bus. Agar lebih sempurna, bus tersebut ditopang oleh sasis dari Mercedes Benz.

Berpindah ke bagian kabin, jika masuk dari pintu depan interior bus hadir dengan nuansa gelap dari warna hitam dan juga abu-abu. Pada area ini, ruang kru bus terdapat partisi pemisah berwarna hitam dengan pintu dan jendela sehingga terpisah dengan ruang penumpang.

Baca juga: Mudik Lebaran, Warga DKI Jakarta Bisa Titip Kendaraan di Kantor Polisi

Lalu masuk ke area ruang penumpang, kabin terdiri dari kursi penumpang berwarna merah dengan konfigurasi dua kanan dan dua kiri.

Pada setiap kursi juga dilengkapi dengan sandaran kaki agar penumpang lebih nyaman selama perjalanan. Sementara itu, pada bagian paling belakang bus terdapat satu unit toilet.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com