Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran, Warga DKI Jakarta Bisa Titip Kendaraan di Kantor Polisi

Kompas.com - 13/04/2023, 18:11 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit masyarakat yang melakukan perjalanan menjelang libur Lebaran 2023, entah untuk mudik atau hanya sekadar berlibur.

Untuk itu sebagai upaya meningkatkan keamanan, Polda Metro Jaya menyiapkan layanan penitipan kendaraan secara gratis bagi masyarakat Ibu Kota yang hendak mudik ke kampung halaman.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, program penitipan kendaraan ini menunjukkan kehadiran polisi di tengah masyarakat pada saat arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.

Baca juga: Daftar Mobil Baru Harga Rp 200 Jutaan, Banyak Pilihannya

“Program ini juga merupakan wujud Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayanan masyarakat,” ucap Trunoyudo, dikutip dari Antara, Kamis (13/4/2023).

Trunoyudo melanjutkan, penitipan kendaraan di Polsek wilayah hukum Polda Metro Jaya tidak dipungut biaya alias gratis.

“Polda Metro Jaya memiliki program penitipan kendaraan di Polsek setempat sesuai dengan akomodasi kapasitas Polsek yang sesuai,” kata Trunoyudo.

Ilustrasi parkir mobil di jalan, di kawasan Pasar Lama.KOMPAS.COM / VITORIO MANTALEAN Ilustrasi parkir mobil di jalan, di kawasan Pasar Lama.

Namun, jika kapasitas parkir di Polsek tidak dapat menampung kendaraan, Polda Metro Jaya akan memaksimalkan Polisi RW di sekitar pemukiman warga melalui kegiatan Siskamling rutin.

“Kolaborasi antara Polisi RW dan tokoh masyarakat perlu dilakukan untuk menciptakan situasi yang aman,” ujar Trunoyudo.

Baca juga: Ioniq 5 Inden Panjang, Hyundai Genjot Kapasitas Produksi

Tak hanya itu, kepolisian juga telah mengeluarkan sejumlah langkah untuk menjaga keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) saat bulan Ramadhan. Salah satu program preventif yakni ‘Patroli Perintis Presisi’.

Selain itu, ada juga layanan sebaran anggota pada malam hari yang akan dilakukan oleh Polda Metro Jaya bersama Polsek di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com