Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mau Bawa Teknologi Mobil Hidrogen ke Indonesia

Kompas.com - 11/04/2023, 20:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) berencana meningkatkan fokusnya terhadap pengembangan mesin hidrogen sebagai salah satu teknologi kendaraan yang ramah lingkungan, selain listrik.

Seiring dengan hal ini, Toyota Indonesia lewat PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga akan melakukan semangat yang serupa. Sehingga, di beberapa waktu mendatang Mirai akan didatangkan.

Untuk diketahui, Mirai merupakan kendaraan buatan TMC yang diperkenalkan dan dipasarkan sejak 2014 di berbagai negara dunia. Mobil menggunakan sel bahan bakar yang mengubah hidrogen dan oksigen jadi listrik dan air.

Baca juga: Permintaan Mobil Bekas Masih Tinggi, Diler Ini Buka Dua Jaringan Baru

Toyota Mirai kembali pecahkan Guiness World RecordsToyota.com Toyota Mirai kembali pecahkan Guiness World Records

"Seluruh teknologi elektrifikasi itu, baik battery electric vehicle (BEV), hybrid, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), sampai hidrogen bersinggungan. Satu antara lainnya itu saling memberi sumbangan terhadap pengurangan emisi," kata Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono, Senin (10/4/2023).

"Maka nanti pengembangan xEV Center tahap dua, akan ada showcase untuk teknologi hidrogen. Nanti akan ada Mirai yang dipotong-potong, dibedah dan bisa kelihatan komponennya," lanjut dia.

Hanya saja belum bisa dipastikan, kapan kendaraan teknologi canggih terkait akan dipasarkan.

Baca juga: Mudik Pakai Xpander Cross, Isi Full Tank Bisa Sampai Mana?

Toyota has unveiled Victoria's first commercial-grade hydrogen production, storage and refuelling facility.Joel Strickland/CARSCOOPS.com Toyota has unveiled Victoria's first commercial-grade hydrogen production, storage and refuelling facility.

"Paling penting kita pelajari dulu, tahu dulu supaya tak kaget. karena teknologi terus berkembang," ucap Direktur Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azzam.

Selain Mirai, Bob menuturkan bahwa pengembangan xEV Center tahap dua juga akan menampilkan energi berkelanjutan yang memanfaatkan alam.

“Tahap dua temanya renewable energy, ada solar panel, ada kincir angin dan kincir air. Jadi, yang datang bisa lihat renewable energy dari macam-macam sumber, langsung dipraktikkan,” kata Bob lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com