Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Motor Listrik yang Ditinggal Mudik, Jangan Cabut Baterai

Kompas.com - 11/04/2023, 17:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi calon pemudik yang memiliki sepeda motor listrik, ada beberapa tips perawatan mudah yang harus dipahami sebelum meninggalkan motor listrik di rumah.

Sebagaimana diketahui, motor listrik berbeda dengan motor konvensional yang masih menggunakan BBM. Otomatis, langkah perawatannya juga berbeda.

Satu miskonsepsi perawatan motor listrik yang tidak digunakan adalah melepas baterai. Ternyata, hal ini tidak perlu dilakukan.

Adyta, Pemilik Bengkel Spesialis Motor Listrik EVCentrum menjelaskan, baterai motor listrik berbeda dengan aki standar mobil atau motor. Jika motor listrik hendak ditinggal, baterai tidak perlu dilepas.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas buat Mudik Harga Rp 100 Jutaan

Ilustrasi aki motor YamahaDok. YIMM Ilustrasi aki motor Yamaha

“Kalau aki biasa (di mobil atau motor konvensional) memang disarankan dilepas supaya tidak soak, tapi kalau baterai motor listrik enggak perlu dilepas, aman-aman saja kok,” ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (11/4/2023).

Menurut dia, motor listrik sudah memiliki beberapa fitur pengamanan baterai dan keamanan kendaraan. Supaya tetap berfungsi, fitur-fitur itu membutuhkan daya dari baterai.

“Kalau baterai dicabut atau MCB dimatikan, fitur seperti alarm dan Vehicle Control Unit (VCU) enggak akan berfungsi. Mereka butuh daya dari baterai,” ujarnya.

Adyta menyarankan pemilik untuk mengisi daya baterai motor listrik hingga penuh di momen akhir sebelum berangkat mudik. Daya baterai yang penuh akan memastikan motor listrik selalu dalam kondisi prima.

Baca juga: Bagusan Mana, Coolant atau Air Demineral untuk Radiator?

Baterai motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Baterai motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.

Baterai motor listrik itu kuat, mereka tetap tahan walaupun ditinggal mudik. Anggaplah mudik lama sampai sebulan, mungkin daya baterai hanya akan berkurang 10 persen sampai 20 persen, enggak banyak,” ucapnya.

Perawatan lain yang bisa dilakukan untuk motor listrik relatif mirip dengan motor konvensional, yakni memeriksa tekanan angin ban dan memastikan motor dalam posisi standar tengah supaya distribusi beban merata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com