Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Berencana Produksi EV9 GT, SUV Listrik Berperforma Tinggi

Kompas.com - 31/03/2023, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia ternyata tidak melihat SUV listrik EV9 sebagai mobil keluarga saja. Pabrikan asal Korea Selatan ini juga tertarik membuat varian EV9 dengan performa tinggi.

Dengan detail performa EV9 yang belum lama ini terungkap3, beberapa orang mungkin sedikit kecewa. Sebab, akselerasi tercepat dari versi dual-motor SUV listrik ini hanya dapat melakukan sprint 0–100 Kpj dalam waktu sekitar 6 detik.

Baca juga: Mobil Listrik Keluarga Kia EV9 Resmi Meluncur, Harga Menyusul

Catatan waktu tersebut bisa dikatakan merupakan hasil rata-rata mobil listrik. Namun, Kia membeberkan bahwa pihaknya tertarik untuk membuat SUV listrik berperforma tinggi, yakni EV9 GT.

Mobil listrik Kia EV9Dok. Kia Mobil listrik Kia EV9

Presiden dan CEO Kia Motor Ho Sung Song, mengatakan, permintaan terhadap EV9 berperforma tinggi tetap ada. Sehingga, Kia pun tidak menutup mata dan akan menjawab kebutuhan konsumen.

"Kami sadar akan tumbuhnya permintaan untuk kendaraan berperforma tinggi di era elektrik. Melihat kesuksesan EV7 GT, kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami sedang mengembangkan EV9 versi performa tinggi," kata Song, saat konferensi pers secara virtual, Selasa (28/3/2023).

Baca juga: Spesifikasi Lengkap SUV Listrik Kia EV9, Daya Jelajah 541 Km

Mobil listrik Kia EV9Dok. Kia Mobil listrik Kia EV9

Song menambahkan, Kia berencana untuk merilis EV9 GT pada awal 2025. Sayangnya, Song tidak memberikan bocoran terkait spesifikasinya .

Namun, diperkirakan SUV listrik tersebut akan dibekali dengan tenaga penggerak yang sama seperti EV6 GT. Tenaganya diperkirakan juga akan tembus 576 tk dan torsi 738 Nm, yang dihasilkan dari dual motor all-wheel-drive.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com