Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All New Civic Type R Resmi Meluncur, Harga Rp 1,399 Miliar

Kompas.com - 30/03/2023, 17:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan All New Civic Type R, pada Kamis (30/3/2023), di Jakarta.

Sedan sport ini diklaim sebagai yang tercepat dengan mesin yang paling buas yang ada di deretan keluarga Civic.

Honda Civic Type R terbaru dikembangkan menjadi mobil yang paling baru dari versi yang sebelumnya dan belum pernah ada. Sejak diluncurkan mobil ini juga langsung mendapat berbagai penghargaan salah satunya adalah car of the year Japan 2022,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, di Raffles Jakarta, Kamis (30/3/2023)

Seperti diketahui, Honda Civic Type R sebelumnya sudah meluncur lebih dulu di global pada 2022. Namun, baru sekarang di bawa untuk konsumen Tanah Air.

Baca juga: All New Agya Sudah Terjual Ratusan Unit

All New Type R 2023 merupakan generasi ke-11 Civic. Mobil ini hadir dengan tampilan yang lebih kalem, dan dibuat lebih aeorodinamis.

Mulai desain fender yang lebar dan terintegrasi dengan body, dibentuk mengalir melalui pandel samping. Sehingga, aliran udara mengalir tanpa hambatan dari depan ke belakang.

All New Civic Type RKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda All New Civic Type R

Ukuran pelek dibuat lebih kecil dari Type R generasi sebelumnya, yakni 19 inci. Terdapat kaliper rem Brembo berwarna merah untuk mendukung pengereman. Pada bagian bodykit juga disematkan side skirt untuk mempermanis tampilan.

Pada bagian belakang, mobil ini sudah dilengkapi dengan spoiler besar dan diffuser baru yang terintegrasi dengan bagian bawah mobil untuk meningkatkan aerodinamika.

Sistem knalpot dengan model triple-exit tetap dipertahankan. Namun, pipa knalpot yang ada di tengah dibuat lebih besar diamenternya. Bagian air intek juga dibuat lebih besar ditambah dengan adanya splitter.

Sementara pada bagian interior, nampak tak asing, sebab layout dasbor hampir sama dengan Civic RS yang belum lama meluncur di Indonesia.

All New Civic Type RKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda All New Civic Type R

Hanya saja tampilannya dibuat lebih menarik dengan ornamen berwarna merah yang memberikan kesan sporty, dipadukan dengan warna hitam yang mendominasi kabin.

All New Type R juga dilengkapi dengan bucket seat berwarna mewah, lengkap dengan logo type R. Setirnya dilapisi dengan suede Alcantara dengan jatihan berwarna merah.

Bicara soal mesin, All New Civic Type R dibekali dengan mesin 2.000 cc VTEC Turbo yang mampu menghasilkan tenaga 315 tk torsi 420 nm Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan.

Baca juga: Jangan Salah Beli Mobil Bekas untuk Mudik Lebaran

All New Civic Type R juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur dan teknologi canggih, seperti Honda Sensing, dan mode berkendara yang lebih lengkap mulai dari Comfort, Sport, +R dan Individual.

Menyoal harga, All New Honda Civic Type R dibanderol Rp 1.399.000.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com