Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mengaktifkan Service Reminder di Mobil Toyota

Kompas.com - 30/03/2023, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar lebih memikat dan memanjakan konsumen, para agen pemegang merek (APM) menghadirkan mobil terbaru dengan beragam fitur bermanfaat. Sayangnya, tidak banyak pengguna yang mengetahui fitur-fitur itu.

Salah satu contoh fitur tersembunyi yang cukup bermanfaat di Toyota All New Veloz. MPV itu punya fitur menarik berupa notifikasi service date reminder alias pengingat tanggal servis berkala di bengkel resmi.

Ekowati, Pimpinan Teknis Auto2000 Kalimalang Jakarta Timur mengatakan, fitur itu sangat bermanfaat tapi sangat jarang pula diketahui konsumen.

“Seharusnya kalau baca manual penggunaan, konsumen pasti tahu. Tapi kalau belum baca, ya enggak tahu. Banyak konsumen yang kaget setelah teknisi menjelaskan cara pakainya,” katanya kepada Kompas.com, Kamis (30/3/2023).

Baca juga: Bahaya Motor Listrik Kelebihan Muatan, Umur Baterai Cepat Berkurang

Servis mobil di Auto2000KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Servis mobil di Auto2000

Menurut dia, fitur ini akan membantu pengendara untuk senantiasa cermat dan mawas terhadap pentingnya servis berkala untuk menjaga performa kendaraan.

“Ibaratnya kan seperti alarm yang kita setting untuk membangunkan kita, service date reminder bisa bantu mengingatkan konsumen untuk melakukan servis berkala,” kata Eko.

Eko menambahkan, fitur pengingat servis berkala ini ada di hampir semua mobil Toyota lansiran 2020 ke atas dan cara mengaktifkannya juga serupa.

Berikut tahapannya :

Baca juga: 3 Alasan Tulisan Ambulans Dibuat Terbalik

New Fortuner 2.8 GR SportKompas.com/ApridaMegaNanda New Fortuner 2.8 GR Sport

- Buka opsi ‘Settings’ di head unit mobil, pilih opsi ‘waktu’ dan matikan centang ‘sinkronisasi waktu GPS’.

- Selanjutnya, pindah ke opsi ‘Tampilan’ dan atur mode kecerahan di ‘siang’. Lanjutkan dengan menekan bagian bawah centang ‘Monitor belakang & RSE’ selama beberapa detik.

- Setelahnya akan muncul pilihan menu baru. Scroll ke bagian bawah hingga ditemukan opsi ‘pengingat pemeliharaan’, kemudian atur tanggalan berdasarkan waktu servis selanjutnya yang dianjurkan oleh teknisi.

- Kembali ke menu awal dan buka opsi “Sistem’. Jika proses di atas sudah sesuai, akan muncul menu baru bernama ‘tanggal perawatan berikutnya’ yang akan memberikan notifikasi jelang waktu servis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com