Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen MG4 EV Mayoritas Milenial

Kompas.com - 30/03/2023, 11:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Bersamaan dengan hadirnya desain agresif dan teknologi terkini, jajaran produk kendaraan listrik yang dipasarkan oleh Morris Garage (MG), termasuk MG4 EV, mayoritas diminati kalangan milenial.

Bahkan, diungkapkan oleh Marketing and PR Director MG Motor Indonesia Arief Syarifudin, 37 persen dari total pesanan datang dari konsumen wanita.

"Ini memang luar biasa, surprise buat kita yang mana secara demografi, untuk produk elektrik MG, penggunanya berada di rentang usia 27-41 tahun. Which is itu millennials," katanya saat ditemui di Bandung, Rabu (29/3/2023) malam.

Baca juga: 100 Unit MG4 EV Siap Dikirim Juli 2023

MG4 EV crossover yang 100% mengandalkan listrikIST MG4 EV crossover yang 100% mengandalkan listrik

"Dan yang lebih menarik lagi, demografi wanita itu juga luar biasa. Dari total 100 persen, 37 persennya berasal dari wanita yang mana menurut saya itu sangat besar," lanjut Arief.

Kondisi tersebut, ucap Arief, berbeda bila melihat karakteristik pengguna mobil listrik dari produk elektrifikasi serupa, yang lebih condong ke eksekutif muda atau pecinta otomotif di kalangan atas.

Artinya dari posisi penempatan harga pada mobil listrik MG termasuk MG4 EV di dalam negeri, akan menyasar segmen B dan C yang memiliki kemampuan belanja pada level Rp 300 juta sampai Rp 600 jutaan.

Hanya saja memang dalam kesempatan tersebut, Arief masih enggan untuk bisa mengungkapkan harga resmi MG4 EV. Kendaraan yang diimpor dari Thailand itu, baru akan diumumkan pasarannya di pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023.

"Nanti kan ada PEVS 2023 (17 Mei 2023), kemungkinan kita akan ada sesi diskusi lagi dan di situ saya rasa tempat yang cocok untuk kita langsung memberikan informasi (harga resmi MG4 EV)," katanya.

Baca juga: Perbedaan Interior Kia EV6 GT-Line dan Hyundai Ioniq 5

Anak muda Indonesia terpukau New MG ZS Dark Midnight Edition
IST Anak muda Indonesia terpukau New MG ZS Dark Midnight Edition

Bila melihat kendaraan listrik murni yang sudah dipasarkan di Indonesia saat ini, MG4 EV akan bersaing dengan Kia EV6 GT-Line, Nissan Leaf, serta Hyundai Ioniq 5.

Bicara harga ketiga produk tersebut per-Maret 2023, semuanya berada di atas Rp 700 jutaan. Di mana, Ioniq 5 mulai Rp 748 juta sampai Rp 859 juta, Leaf di Rp 728 juta sampai Rp 730 jutaan, serta paling mahal EV6 GT-Lineup yaitu Rp 1,29 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com