Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkel Konversi Motor Listrik yang Dapat Insentif Harus Bersertifikat

Kompas.com - 10/03/2023, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Konversi motor listrik merupakan program pemerintah untuk mempercepat era elektrifikasi. Motor-motor bensin yang dimiliki masyarakat bisa diubah menjadi motor listrik dan mendapatkan potongan biaya sebesar Rp 7 juta.

Namun, tidak semua bisa diakui oleh pemerintah sebagai bengkel yang menerima insentif tersebut. Bengkel konversi ini harus memiliki sertifikat yang diterbitkan oleh pemerintah.

Sertifikat diberikan kepada bengkel yang memang sudah memenuhi syarat untuk mengkonversi motor bensin menjadi motor listrik. Langkah tersebut ditempuh pemerintah sebagai wujud pengawasan kualitas motor hasil konversi.

Baca juga: Ada Insentif, Pemerintah Diharap Perhatikan Bengkel Konversi di Daerah

Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Moeldoko konvoi motor listrik di Jakarta, Minggu (20/11/2022). Doc. Kementerian ESDM Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Moeldoko konvoi motor listrik di Jakarta, Minggu (20/11/2022).

Tenaga Ahli Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Bidang Kelistrikan Sripeni Inten Cahyani mengatakan semua bengkel umum sebenarnya bisa mengkonversi motor bensin menjadi motor listrik, dan akan mendapatkan insentif tapi harus menginduk ke bengkel yang memiliki sertifikat.

“Bengkel konversi yang memiliki sertifikat ini dilatih, sehingga kompeten dalam memasang dan merawat komponen-komponen pada motor listrik, selain itu bengkel juga memiliki peralatan khusus terkait keselamatan kerja,” ucap Inten kepada Kompas.com, Selasa (7/3/2023).

Dia mengatakan saat ini sudah ada banyak bengkel konversi yang memiliki sertifikat, dan memiliki bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Per Februari 2023, Sudah Ada 22 Bengkel Konversi Motor Listrik

Deretan motor listrik konversi di Pameran IIMS 2023KOMPAS.com/daafa Deretan motor listrik konversi di Pameran IIMS 2023

“Misal seperti bengkel Bintang Racing Team, itu memiliki salah satu bengkel konversi yang memiliki sertifikat dan memiliki ratusan bengkel rekanan di Indonesia, bengkel umum yang ingin mengkonversi motor listrik bisa menginduk semacam itu,” ucap Inten.

Dia mengatakan, harapannya semakin luas pengetahuan konversi motor listrik ini tersebar maka masyarakat akan lebih percaya diri saat mengendarai motor listrik baik beli baru atau hasil konversi.

“Misal terjadi mogok di jalan atau terjadi trouble, masyarakat lebih mudah mendapatkan pertolongan dari bengkel yang memang kompeten di bidangnya,” ucap Inten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com