Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal Sepele yang Bikin Cat Mobil Cepat Kusam

Kompas.com - 24/02/2023, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak melulu soal mesin, menjaga kilau cat mobil juga menjadi bagian dari perawatan yang tak kalah penting untuk dilakukan secara berkala.

Menurut CEO Scuto Group Sugiarto Ongko, kilau cat bodi mobil bisa bertahan lama. Hal ini tak hanya karena rajin dirawat seperti poles dan sebagainya, tapi juga dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk yang tanpa sadar kerap dilakukan.

"Terkadang ada hal-hal sepele yang sering kita lupakan, namun dampaknya dapat mempengaruhi usia cat," kata Sugiarto, dalam katerangan resminya, Kamis (23/2/2023).

Sugiarto menjelaskan ada beberapa poin penting yang bisa dilakukan pemilik untuk menjaga kilau cat pada bodi mobil. Pertama hindari parkir terbuka di bawah terik matahari.

Kebiasanya tersebut bisa merusak lapisan coating pada bagian cat lantaran langsung terpapar sinar ultraviolet (UV), apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Mengenal Ragam Komponen Pada Cat Mobil

Layanan perbaikan bodi dan cat Scuto di PalembangScuto Layanan perbaikan bodi dan cat Scuto di Palembang

 

Bila terpaksa parkir di bawah terik sinar matahari, baiknya gunakan wax karena berguna melapisi cat agar sinar UV tak langsung bersentuhan dengan coating.

Selanjutnya, jangan malas membilas usai mobil terkena hujan. Hal yang satu ini kerap disepelekan, padahal sangat perlu dilakukan agar bagian cat tak mudah kusam dan jamuran imbas adanya senyawa asam yang terkandung dalam air hujan.

Berikutnya saat mencuci mobil sebaiknya dilakukan dengan baik dan benar, salah satunya seperti melakukan gerakan searah, bukan memutar. Kondisi tersebut berpotensi membuat squirl, atau goresan yang mirip sarang laba-laba.

Lap microfiber juga wajib dimiliki untuk membersihkan kotoran dan jangan gunakan chamois atau jenis karet karena berpotensi menimbulkan baret. Terakhir, untuk menjaga kilau cat disarankan untuk melakukan perawatan bekala dengan cara poles atau autodetailing.

Scuto sendiri baru saja meluaskan layanan pengecatan di Jatiasih, Bekasi, yang berdiri di lahan seluas 2.000 meter persegi dengan fasilitas ruang oven serta quality control untuk pengecekan akhir.

Baca juga: Honda Hadirkan Layanan Mobil Bekas Bersertifikat

Menariknya, Scuto Paint Jatiasih memberikan garansi selama enam bulan bagi konsumen yang melakukan body repaint, serta cicilan satu tahun. Bahkan ada juga layanan pick up dan delivery untuk memudahkan pelanggan.

Scuto tambah jaringan bengkel cat di JatiasihScuto Scuto tambah jaringan bengkel cat di Jatiasih

"Scuto Paint menjadi salah satu solusi bagi pemilik mobil di wilayah Jatiasih Bekasi dan sekitarnya yang ingin membuat tampilan kendaraan layaknya mobil baru. Kami menawarkan cat dengan kualitas standar pabrikan (OEM)," ucap Sugiarto.

Buat yang tertarik, ada beberapa paket yang ditawarkan seperti pengecatan full body luar dari Rp 10,5 juta, full body luar-dalam dari Rp 14,250 juta, repaint Rp 17,250 juta, dan layanan full body kerok yang biayanya dimulai dari Rp 23,5 juta.

Perbaikan per panel juga memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk kategori small panel dari Rp 320,000, medium panel dari Rp 575,000, dan kategori large panel mulai dari Rp 875.000, sedangkan pengecetan pelek Rp dikenakan Rp 450.000 satunya, dan roof rail Rp 1,4 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com