Kompas.com - 27/10/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna pada mobil menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang membedakan karakter tiap mobil. Tidak hanya untuk tujuan estetika, cat mobil berfungsi untuk melapisi mobil agar tidak mudah rusak atau karat.

Komponen pada cat mobil sendiri juga tidak sembarangan. Secara umum, ada tiga komponen yang terdapat dalam kandungan cat mobil. Hal ini dijelaskan oleh Supardi, Instruktur Pengecatan Daihatsu Technical Training Center.

Baca juga: Tren Cat Mobil di Dunia Otomotif, Warna Akromatik Masih Jadi Favorit

"(Yang pertama) pigmen. Pigmen itu identik dengan warna. Aslinya, itu tepung atau powder. Kemudian bersifat mengisi, mengisi ke permukaan," ucap Supardi kepada wartawan saat acara workshop Basic Painting di Daihatsu Technical Training Center, Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Setelah pigmen, ada komponen resin. Resin, lanjut Supardi, identik dengan karakter yang transparan atau tembus pandang, teksturnya kental. Resin bersifat sebagai pengikat di antara komponen yang lain.

"Kemudian solvent. Solvent itu adalah pengencer atau pelarut. Ketika car solvent menguap, maka cat akan kering," ucap dia.

Ilustrasi pengecatan mobil, workshop Basic Painting untuk jurnalis yang diadakn oleh PT Astra Daihatsu Motor.KOMPAS.com/Serafina Ophelia Ilustrasi pengecatan mobil, workshop Basic Painting untuk jurnalis yang diadakn oleh PT Astra Daihatsu Motor.

Ketiga, ada additive atau bahan tambah. Bahan ini digunakan untuk mewarnai atau mengecat benda-benda tertentu, tergantung kebutuhan dan bahan dasar benda yang akan diwarnai. Misalnya, untuk mengecat material logam, zat aditif yang ditambah adalah rust preventive.

"Rust preventive itu bisa mencegah timbulnya karat," ucap Supardi.

Baca juga: Baterai Ioniq 5 Bermasalah, Hyundai Sebut Itulah Kecanggihannya

Sedangkan untuk melapisi plastik, zat aditif yang ditambahkan adalah plasticizer, senyawa dengan plastik yang memiliki karakter lentur. Sifatnya adalah fleksibel.

"Sehingga kalau misalnya mobilnya ada senggolan, bempernya tersenggol, itu catnya tidak akan terkelupas. Karena ada bahan namanya plasticizer, seperti itu," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.