Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2023, 09:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 tengah berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Selama pemeran berlangsung, ada berbagai hal unik dan menarik yang tidak ditemukan di IIMS tahun sebelumnya. Berikut Kompas.com merangkum beberapa fakta unik hasil pantauan langsung di pameran IIMS 2023 :


1. Mobil Ampfibi buatanan Ukraina

Mobil Amfibi Buatana Ukraina di IIMS 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Mobil Amfibi Buatana Ukraina di IIMS 2023

Ada banyak produk otomotif yang dipamerkan, salah satunya dua unit mobil besar yang ada di area luar pameran 2023.

Kedua mobil yang menarik perhatian pengunjung IIMS 2023 tersebut memiliki tampilan yang tidak biasa dengan ukuran ban raksasa, dengan jenis All Terrain Vehicle (ATV) dari Sherp buatan Ukraina. Ban mobil amfibi ini memiliki dimensi 1.800 x 600 – 25.

Uniknya, ban kendaraan yang bisa menerjang semua medan jalan ini bisa memompa dan mengempiskan bannya sendiri. Firzi, Sherp Indonesia Director mengatakan jika gas ban terisi dari hasil pembakaran mesin yang dikeluarkan dari knalpot.

“Ada proses konversi dan pendinginan dari mesinnya sehingga udara dari knalpot tidak panas saat masuk ke ban,” kata Firzi kepada Kompas.com di sela-sela acara IIMS 2023, Rabu (23/2/2023).

2. Wahana Kolam buatan

Kolam buatan dalam ruangan di IIMS 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kolam buatan dalam ruangan di IIMS 2023

Berbeda dengan tahun sebelumnya, IIMS 2023 tidak hanya diramaikan oleh kendaraan roda empat dan roda dua saja.

Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara IIMS menggandeng Community for Maritime Studies Indonesia (CMSI) dan menghadirkan ruang pameran khusus kolam buatan di dalam ruangan.

Kolam ini dirancang agar pengunjung dapat menikmati wahana air dengan perahu dari booth yang ikut serta di pameran.

“Luasnya 16x10, panjang 16 meter dan 10 meter untuk lebarnya, airnya 120.000 liter,” kata Anton Yus, PIC untuk area kolam kepada Kompas.com di sela-sela acara IIMS 2023, Kamis (24/2/2023).

Baca juga: Keroyok Honda HR-V!

Yus juga mengatakan jika air yang digunakan untik kolam buatan ini menggunakan 15 truk air mineral. Alasan menggunakan air mineral karena air jenis ini akan tetap bening dalam jangka lama. Kemudian, air mineral tidak ada lumut karena sudah melalui proses penyeterilan dari perusahaan air mineral siap jual.

“Bisa dilihat sendiri, saya sudah memasukan air dari tanggal 12 Februari tapi hari ini masih tetap bening. Pengujung bisa bermain di area kola mini dengan menggunakan beberapa perahu yang disediakan oleh booth yang menjual perahu,” kata Yus.

3. Banyak para ibu mengincar motor listrik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com