Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Motor Listrik, Kaum Hawa, dan Transportasi Kompleks Perumahan

Kompas.com - 22/02/2023, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebutuhan akan mobilitas sudah menjadi bagian dari sejarah manusia. Tak hanya para pria, kaum hawa juga punya preferensi terkait kendaraan yang sedang ramai di pasaran.

Fenomena ini tertangkap dengan jelas di pameran IIMS 2023, sejumlah wanita ikut memadati Hall JIExpo, Kemayoran, Jakarta untuk melihat lebih dekat motor listrik idamannya.

Rasa penasaran mereka telah memutus sekat dominasi laki-laki maupun anak muda. "Emak-emak" ini bahkan tak canggung langsung mencoba motor listrik di area test ride.

Baca juga: Cerita Pengguna Hyundai Ioniq 5, Kecelakaan karena Fitur Tak Berfungsi

Gimik subsidi Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023Kompas.com/Donny Gimik subsidi Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023

Salah satunya Indri (29) asal Depok, yang sengaja datang ke Kemayoran, mau melihat pilihan motor listrik yang tersedia di pasar.

“Saya senang saja, soalnya ringan dan enggak ada suaranya. Buat muter-muter komplek oke banget,” ujar Indri, saat ditemui Kompas.com di sela-sela ajang IIMS 2023.

Namun setelah melihat produk-produk yang ditawarkan, ia cukup kaget melihat harga motor listrik umumnya dijual Rp 20 jutaan ke atas.

Baca juga: Kenali Arti Deretan Angka di Pelat Nomor, Bukan Sekadar Nomor Acak

“Saya cari yang Rp 5 jutaan sampai Rp 6 jutaan. Pertimbangan saya lebih ke modelnya, karena buat cewek kan. Tapi sekarang masih mikir-mikir dulu,” kata dia.

Sementara itu, Tias (26) asal Bogor yang datang bersama suami dan anaknya, mengatakan, ada beberapa alasan pertimbangan pilih motor listrik, selain harga jualnya.

“Yang jelas cari motor listrik yang saya sampai, karena (tinggi badan) saya kan pendek. Jadi cari yang ukurannya lebih kecil,” ucap Tias.

Baca juga: Sudah Ada Subsidi Rp 7 Juta Motor Listrik di IIMS 2023, ini Faktanya

Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.

“Rencana mau dipakai buat antar anak sekolah, sama mobilitas sehari-hari, misalnya belanja ke pasar. Jadi memang buat sekitar rumah saja,” kata dia.

Di samping itu, Tias juga mencari model yang punya kualitas baik. Apalagi harga motor listrik tidak murah.

“Sebetulnya saya pernah coba Segway, tapi itu sudah over budget banget, karena tembus Rp 30 juta. Tapi memang menurut saya dia paling oke, dari gasnya enggak bikin kaget, paling halus dan enak motornya,” ujar Tias.

Baca juga: Mau Buka Bisnis Bengkel Motor Listrik, Siapkan Investasi Rp 250 Juta

Yamaha unjuk diri di IMOS 2022 dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai sebagai daya tarik utama.KOMPAS.com/Janlika Yamaha unjuk diri di IMOS 2022 dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai sebagai daya tarik utama.

Lain halnya dengan Milka (40) asal Jakarta, yang mengincar motor listrik buat aktivitas setiap harinya. Berbeda dengan kebanyakan ibu-ibu yang cari praktis atau murah, ia justru pilih motor listrik yang nyaman.

“Cari motor listrik buat ke kantor. Sudah incar Alva One, tapi saya juga incar Yamaha, tapi belum keluar. Saya tertarik Honda juga, tapi bodinya terlalu kecil. Karena keluarga saya bodinya besar-besar,” kata Milka.

Motor listrik lebih hemat ongkos, pajak lebih murah, dan enggak ada biaya servis. Kalau harga sebetulnya cari yang semurah mungkin, kisaran Rp 20 jutaan,” ucap dia.

Baca juga: Kijang Innova Zenix Hybrid Resmi Diekspor dari Karawang

Sejumlah pengendara sepeda motor nekat melawan arah di Jalan Ir H Juanda, tepat di bawah jalan layang Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (01/02/2018). Para pengendara tersebut mulai melawan arah sejak di putaran di depan Kantor Cabang Pembantu Bank BCA hingga SPBU yang terletak jelang area masuk jalan layang.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBEL Sejumlah pengendara sepeda motor nekat melawan arah di Jalan Ir H Juanda, tepat di bawah jalan layang Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (01/02/2018). Para pengendara tersebut mulai melawan arah sejak di putaran di depan Kantor Cabang Pembantu Bank BCA hingga SPBU yang terletak jelang area masuk jalan layang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com