Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pengguna Hyundai Ioniq 5, Kecelakaan karena Fitur Tak Berfungsi

Kompas.com - 21/02/2023, 15:28 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 jadi salah satu mobil listrik yang banyak diminati. Namun, belum lama ini salah satu penggunanya mengungkapkan kekecewaannya pada Ioniq 5 dan pelayanan dari salah satu diler Hyundai.

Diketahui dari unggahan milik akun Instagram @kaisarantonn, dirinya mengalami kecelakaan karena ada malfungsi pada fitur Forward Collision Assist (FCA).

"Cruise control mati, digas juga enggak, lagi i-Pedal, FCA bunyi hampir nabrak angkot. Gue angkat kaki dari gas mau injak rem, pas rem belum kepencet sepersekian detik itu kok mobil malah kayak lompat ngegas malah nyundul, kan kesal ya? Mana FCA-nya?" ujar Anton, dalam unggahannya.

Baca juga: Hyundai Klaim Tanpa Target Produksi Ioniq 5

Anton menuliskan, dalam kejadian yang mirip, dia juga memiliki Creta tipe tertinggi. Tapi, tidak pernah mengalami masalah serupa. Dia pun menyayangkan justru pada Ioniq 5 yang harganya dua kali lipat dari Creta malah bermasalah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kaisarantonn (@kaisarantonn)

 

"Apakah karena system software safety-nya belum di-update? Karena Ioniq 5 Indonesia semua masih versi software 2023. Sementara di luar negeri semua sudah pada update. Bahkan, bisa update sendiri, download software-nya," kata Anton.

Anton menceritakan, dirinya sudah mengajukan keluhan ke tenaga penjual Hyundai yang menawarkan mobil tersebut pada dirinya. Dia juga sudah mengajukan klaim asuransi Multi Artha Guna, asuransi yang banyak disarankan oleh tenaga penjual Hyundai.

Selain itu, Anton juga menuliskan, pihak asuransi dan diler Hyundai Simprug menyebutkan bahwa komponen yang rusak tersedia penggantinya.

Baca juga: Inden Hyundai Ioniq 5 Kurang dari Setahun

"Tapi, Hyundai Simprug enggak mau mengeluarkan part itu kalau itu klaim asuransi. Jadi, maunya kalau yang bayar cash pribadi baru mau ngasih," ujarnya.

Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Anton mengatakan, kalau melalui klaim asuransi, dirinya harus menunggu komponen tersebut dari Korea Selatan dan bisa memakan waktu hingga dua bulan.

"Saya mengeluh ke orang HMID (Hyundai Motor Indonesia) service manager, katanya ready dan bisa dalam 3 hari. Tapi, Hyundai Simprug tetap menolak," kata Anton.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com