Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Buruk yang Bikin Mobil Boros BBM

Kompas.com - 20/02/2023, 19:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dewasa ini tren perkembangan industri otomotif mengarah kepada kendaraan ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Sejumlah merek berlomba-lomba menciptakan mesin paling efisien.

Terlebih dengan naiknya harga BBM, membuat sejumlah pemilik berusaha menghemat mobil dengan segala cara. Paling mudah tentu saja dengan menjaga kesehatan mesin.

“Penggunaan bensin mobil yang boros atau berlebihan tentu akan mengganggu anggaran keuangan Anda,” Helda Sihombing, Content Manager Otoklix, dalam keterangan tertulis (20/2/2023).

Baca juga: Esemka Hadir di IIMS 2023, Wakasad Bilang Indonesia Seharusnya Bangga

PT Oto Klix Indonesia meresmikan pembukaan Bengkel Otoklix Plus Simprug, Sabtu (17/12/2022)aa.arief PT Oto Klix Indonesia meresmikan pembukaan Bengkel Otoklix Plus Simprug, Sabtu (17/12/2022)

“Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus mengetahui penyebab bensin mobil boros agar Anda bisa segera mengatasinya,” kata dia.

Untuk diketahui, borosnya penggunaan BBM biasanya disebabkan beberapa hal. Di antaranya telat mengganti oli. Karena oli merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting untuk keamanan dan menjaga performa mobil.

Kemudian filter bensin yang kotor. Fungsi dari penggantian filter bensin pada mobil adalah agar bensin yang disalurkan pada mesin bakar mobil menjadi lebih bersih.

Baca juga: Ganjil Genap Berlaku di 25 Jalan Jakarta, Melanggar Kena Denda Rp 500.000

Termasuk juga filter udara yang kotor juga perlu dibersihkan. Jika filter udara tidak dibersihkan, maka udara akan bercampur debu dan kotoran.

Lalu, kesalahan umum yang sering terjadi pada sebagian besar pengguna mobil adalah salah dalam memilih jenis bahan bakar. Biasanya suatu pabrik mobil telah memberikan standarisasi bahan bakar dengan oktan yang sesuai dengan jenis mobil.

Tak ketinggalan soal kondisi ban. Berbagai masalah kondisi ban tersebut dapat menyebabkan laju mobil menjadi terhambat. Sehingga, bisa dipastikan bensin yang digunakan akan lebih boros.

Baca juga: Video Viral, WNA Kesal Klub Harley Dikawal Polisi Terobos Lampu Merah

Terakhir soal penggunaan AC yang berlebihan. Sebab, menggunakan AC pada volume yang tinggi akan membuat kompresor AC bekerja lebih keras. Hal tersebut secara otomatis akan membuat bensin yang digunakan untuk pembakaran menjadi lebih boros.

Helda menjelaskan, penyebab utama mobil boros BBM sebetulnya adalah kebiasaan pemilik yang tidak melakukan pemeriksaan mobil secara menyeluruh.

Sehingga beberapa komponen mobil ada yang mengalami kendala sehingga tidak berfungsi secara optimal dan menjadi penyebab borosnya penggunaan bensin mobil.

Baca juga: Air Radiator di Reservoir Berkurang, Normalkah?

PT Oto Klix Indonesia meresmikan pembukaan Bengkel Otoklix Plus Simprug, Sabtu (17/12/2022)OtoKlix PT Oto Klix Indonesia meresmikan pembukaan Bengkel Otoklix Plus Simprug, Sabtu (17/12/2022)

Promo Servis Mobil

Dalam perayaan hari jadinya yang ketiga pada tanggal 21 Februari 2023, Otoklix akan memberikan banyak hadiah salah satunya promo servis ganti oli mobil.

Promo ini berupa diskon sebesar 10 persen di sekitar 65 bengkel mitra Otoklix area Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Depok serta bengkel Otoklix Flagship.

Buat konsumen yang tertarik, silakan sambangi bengkel Otoklix di berbagai lokasi tersebut, mulai tanggal 8 sampai 28 Februari 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com