Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketemu Biaya Servis Mobil yang Murah, Coba Perhatikan Rinciannya

Kompas.com - 14/02/2023, 11:42 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Biaya servis mobil bisa sangat beragam dari bengkel satu dengan yang lainnya. Mulai dari sebutan pekerjaannya hingga mendetail pada rincian pekerjaannya.

Terkadang ada bengkel yang menawarkan biaya servis yang sangat murah. Temuan tersebut tentu menimbulkan pertanyaan, jenis pekerjaan apa yang dilakukan dengan perkiraan biaya tersebut.

Lantas, bagaimana cara memahami fenomena terjadinya ragam biaya servis di bengkel?

Baca juga: Cara Hindari Pembengkakan Biaya Saat Servis Mobil

Servis Daihatsu Ayla di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang Astra Daihatsu Majapahit Semarang Servis Daihatsu Ayla di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan, setiap bengkel memiliki hak untuk menentukan harga pada layanan yang diberikan itu tidak menjadi masalah, namun ada yang perlu diperhatikan pada rincian pekerjaannya.

“Ada bengkel yang menawarkan layanan dipatok secara parsial, namun ada juga yang sudah sepaket, dengan demikian suatu layanan yang sama bisa berbeda harga,” ucap Hardi kepada Kompas.com, (13/2/2023).

Dia mengatakan umumnya untuk memberikan kesan biaya servis yang murah, maka layanan disajikan secara parsial.

Baca juga: Efek Buruk Jarang Melakukan Servis AC Mobil

SOP perawatan wajib 5.000 kilometer di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit SemarangDicky Aditya Wijaya SOP perawatan wajib 5.000 kilometer di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang

“Misal biaya tune-up, itu bisa digabung sepaket dan terpisah, ada yang memisahkan antara tune-up dan scanning ECU, sehingga biaya tune-up menjadi lebih murah, ada juga yang menggabungkan,” ucap Hardi.

Menurut Hardi perbedaan penyajian layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Yang justru perlu diperhatikan pelanggan atau pemilik mobil adalah bukan harganya, tapi rincian pekerjaannya, karena bisa saja biaya servis suatu bengkel murah tapi tidak lengkap,” ucap Hardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com